5 Kuliner Bogor Yang Enak dan Lezat yang Pastinya Membuat Anda Ketagihan

Wisatakuliner.org, Bogor – Kota bogor yang berlokasi di jawa barat menjadi salah satu kota favorit para wisatawan yang berasal dari Jakarta. Letaknya cukup dekat dari ibukota dengan beragam kuliner khas bumi pasundan semakin melengkapi keistimewaan kota ini.

Curah hutan yang berada di kota bogor yang lumayan cukup tinggi ternyata tidak menjadikan kota ini sepi dari pengunjung. Sebaliknya wisatawan justru sangat menyukai suasana sejuk kota bogor yang masih menyatu dengan alam. Terlebih bogor merupakan surge bagi para pecinta kuliner.

Banyak sekali kuliner khas bogor yang bisa dicicipi dan dibawa pulang sebagai buah tangan. Dari olahantradisional hingga modern yang disajikan di cade dan restorannya yang sangat instagramable. Dari pusat kota hingga kea rah puncak. Bogor memiliki lokasi wisata kuliner yang cantic dan menggoyangkan lidah.

1. Asinan Bogor

Salah satu makanan khas Bogor yang tidak boleh dilupakan adalah asinan. Asinan Bogor bisa berupa sayuran atau buah-buahan yang melalui proses penggaraman dan diberi cuka. Ada banyak tempat jual asinan Bogor yang cukup terkenal. Salah satu yang melegenda adalah asinan Sedap Gedung Dalam yang berada di daerah Sukasari. Selain cocok dimakan di tempat, asinan juga sangat cocok dinikmati di tengah cuaca Bogor yang sering hujan.

2. Roti Unyil

Ada banyak toko yang menjual cemilan ini, namun yang paling terkenal adalah Roti Unyil Venus. Toko Roti Unyil Venus yang paling besar terletak dekat Mall Lippo Plaza Ekalokasari di daerah Sukasari.

Biasanya, para wisatawan memenuhi toko ini dan membeli berkardus-kardus Roti Unyil sebagai oleh-oleh. Selain bentuknya yang unik dan kecil, aneka rasanya beragam pun beragam.

3. Soto kunging bogor

Soto ini memiliki kuah yang berwarna kuning. Selain daya Tarik dari warna kuahnya yang khas. Soto kuning juga laku keras karena aroma dan rasa dari kuahnya doto. Lauk yang bisa jadi teman makan soto kuning ini juga beragam seperti daging, kikil, dan babat.

4. Es pala

Es buah pala merupakan minuman khas bogor yang menggunakan buah pala sebagai bahan dasar pembuatannya. Buah pala memiliki banyak manfaat bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah menyingkirkan racun yang ada di dalam tubuh.

Dengan kata lain, buah pala memiliki kandungan antioksidan yang lumayan cukup tinggi dan mampu mengatasi gangguan pencernaan dan mengatasi bau mulut. Selain itu, es pala juga sangat menyegarkan dan cocok menjadi minuman pencuci mulut seusai makan kuliner di kota bogor.

5. Laksa bogor

Hidangan yang satu ini memang tersohor sejak puluhan tahun lalu. Kuah kuning berampas dengan kaya akan rempah – rempah yang menjadi ciri khas hidangan tersebut. Rasa bercampur gurih jadi satu saat menyeruput kuah kuningnya. Kemangi dan serundeng menghasilkan citarasa yang khas didalam hidangan laksa bogor tersebut.