Hidangan Unik Khas Timur Tengah Yang Bernama Nasi Mandi.

Wisata.Kuliner – hidangan tradisional dari daerah selatan Jazirah Arab Yaitu Nasi Mandi menjadikan Makanan ini bisa diartikan sebagai embun. Karena teknik memasak yang digunakan membuat tekstur daging kambing yang dijadikan sebagai lauk Nasi Mandi. Makanan ini sedikit lembab dan basah sehingga terlihat seperti berembun.

Nasi Mangi sangat mudah sekali dijumpai di berbagai wilayah di Timur Tengah hingga Turki dan Mesir. Karena hal tersebut Nasi Mandi dianggap sebagai salah satu makanan pokok bagi penduduk setempat. Sampai setelah itu, Nasi mandi akhirnya berhasil dibawa ke Negara Indonesia oleh orang orang Hadhrami yang berasal dari Hadhramaut, Yaman.

Nasi Mandi ini memiliki warna yang sangat ciri khas yaitu adalah warna kuning cerah dan juga putih. Warna itu berasal dari rempah” kuning yang dimasak dengan menggunakan teknik tanur atau memasukkan makanan ke dalam “oven” tradisional yang berukuran besar.

Rasa dari nasi ini sangat dominan gurih, selain karena rempah dari apron tersebut juga karena proses memasak dengan teknik tanur. Maka dengan itu, daging yang direbus terlebih dahulu itu harus di campurkan dengan bumbu hingga lunak. Dan setelah itu, bumbu dan kaldu digunakan untuk memasak nasi tersebut agar bisa merubah warna menjadi kuning.

Nasi itu kemudian di masak di bagian bawah tandoor yang berada tepat di atas bara api yang cukup besar. Kambing yang sudah oven dan telah lunak tadi kemudian digantungkan di bagian atas tandoor. Sehingga ketika sedang proses memasak selama 8 jam di dalam tandoor, lemak dan bumbu dari kambing tersebut di biarkan menetes ke nasi di bawahnya.

Setelah nasi tersebut sudah matang, mereka biasanya menambahkan kismis atau kacang kacangan sebagai pelengkap di atas nasi yang sudah dapat di hidangkan. Di Indonesia, hidangan Nasi Mandi ini biasa disajikan saat perayaan Idul Adha, Idul Fitri dan juga Maulid Nabi.

Bagaimana tertarik untuk mencoba makanan ini ?