10 Makanan Khas Padang Yang Terkenal Akan Kelezatannya

Wisatakuliner.org, Sumatra Barat – Siapa sich yang  tidak mengenal kelezatan masakan khas Sumatra Barat yang sangat tersohor di seluruh provinsi yang ada di Indonesia bahkan ke seluruh Dunia?

Masakan khas padang ialah salah satu warisan kuliner yang masih terjaga hingga saat ini. Maka dari itu anda tidak perlu heran jika anda berpergian ke suatu daerah atau kota dan menemukan banyak restaurant padang yang menjadi makanan favorit orang orang di Indonesia.

Masakan padang bukan hanya terkenal akan Rendangnya namun masih banyak makanan yang dapat mengoyang  lidah anda. Berikut kita akan merangkum 10 makanan khas Padang yang membuat lidah anda bergoyang.

  1. Rendang Sapi

 

Rendang atau yang sering di sebut dengan Randang oleh warga minang ialah masakan yang  sangat tersohor. Proses memasaknya juga memerlukan waktu yang cukup lama hingga beberapa jam sampai kuahnya kering. Rendang memang sangat terkenal dengan cita rasanya yang khas dengan aroma rempahnya.

Rendang Juga bisa awet dan tidak mudah basi karena proses memasaknya yang  cukup lama  dan sejarahnya rendang  menjadi bekal makanan orang minang untuk melakukan perjalanan melewati sungai.

  1. Sate Padang

 

Sate Padang  yang berbahan dasar daging sapi, lidah sapi, jeroan sapi seperti usus, jantung dan tetelan yang di padukan dengan bumbu kuah padang atau bumbu kuah kacang yang  kental yang di tambahakan cabai dan rempah-rempah yang  membuat rasanya gurih,pedas, dan lezat.

Bumbu sate Padang ini terbuat dari air rebusan daging atau kaldu. Dan sate padang ini sangat coco dinikmati sewaktu panas.

  1. Dendeng Balado

 

Dendeng Balado yang terbuat  dari irisan daging yang tipis dan lebar dan di keringkan lalu di goreng hingga kering.

Dedeng Balado ini di sajikan dengan siraman sambal cabe merah yang tentunya akan membuat lidah  anda bergoyang.

  1. Asam Padeh Daging

 

Asam padeh Daging memiliki citra rasa pedas dan asam karena menggunakan cabai yang banyak  dan juga rasa asam yang berasal dari asam kandis.

Sekilas masakan ini menyerupai masakan rendang namun rendang tidak menggunakan asam kandis saat memasaknya. Masakan  ini paling cocok di santap pada siang hari  bersama keluarga.

  1. Gajeboh

 

Gajeboh atau yang  sering di sebut dengan nama Sandung Lamur bagi orang minang merupakan olahan daging yang menyerupai gulai. Bahan utama untuk memasak gajeboh ialah daging sapi dib again punuk sehingga akan terdapat banyak gajih atau lemak.

Sesuai  dengan namanya kuah gajeboh ini seperti gulai namun yang digunakan ialah asam pareh dan di sajikan tanpa menggunakan santan sedikitpun

  1. Rendang Paru Sapi

 

Jika rendang identik dengan menggunakan daging sapi, maka rendang paru tidak menggunakan daging sapi. Sesuai dengan namanya rendang paru ini berbahan dasar paru sapi yang lebih lunak. Bukan hanya berbeda bahan dasar namun bumbu rempah-rempah yang digunakan juga berbeda. Pada rendang paru ini kebanyakan rempah yang digunakan ialah bawang putih, jahe lengkuas, cabai merah dan dedaunan yang dirajang yang kemudian akan dihaluskan.

  1. Lamang Tapai

 

Lamang tapai ialah jajanan pasar yang ada hingga saat ini di daerah Minangkabau. Lamang Tapai  ini di masak menggunakan media bambu yang di masukan tapai hasil permentasi. Yang membuat unik dari Lamang tapi ini ialah berbahan ketan hitam yang dikukus kemudian di  permentasi  menggunakan ragi dengan kandungan jamur bernama Saccharomyces yang membuat ketan lebih encer dan berair.

  1. Lompong Sagu

 

Setelah  anda menikmati makanan  pedas-pedas khas Padang, maka anda bisa menikmati makanan yang sedikit manis untuk memanjakan lidah anda dengan mencicipi makanan khas Sumatra Barat yaitu Lompong Sagu.

Lompong sagu ini berbahan utama tepung sagu dengan menggunakan kelapa parut, gula merah dan santan dan tidak ketinggalan dilengkapi dengan pisang raja maupun pisang kapok.

  1. Galamai

 

Bagi anda yang menyukai Dodol atau jenang tentunya anda tidak akan ketinggalan untuk mencicipi jajanan khas padang yaitu Galamai.

Pada umunya pembuatan dodol hampir sama dengan Galamai, namun pada Galamai anda akan menemukan kacang tanah yang di tabur di atasnya.

  1. Gulai Paku

 

Gulai yang anda ketahui ialah identik dengan daging sapi atau otak sapi, kali ini ada olahan gulai yang namanya sangat unik yaitu gulai paku. Dari namanya tentu anda akan berpikir gulai paku berbahan paku yang identik dengan besi namun anda salah besar. Karena bahan utamanya ialah tanaman paku atau pakis. Tanaman  paku ini biasanya tumbuh di pinggir sungai dengan cara spora. Dan untuk cara memasakanya dan bumbunya tidak jauh berbeda dengan masakan gulai pada umunnya.