7 Aneka Olahan Bebek Khas Nusantara yang Punya Rasa Istimewa, Dijamin Bikin Ketagihan!

Wisatakuliner.org, Indonesia Selain diolah dengan cara dibakar atau digoreng, bebek dapat dinikmati dengan beragam cara penyajian dan rasa yang berbeda lho! Dengan banyaknya pilihan dan Rasa membuat olahan bebek menjadi Istimewa yang lezatnya menggugah selera,dijamin bikin ngiler!

Dari beraneka ragam olahan bebek khas Nusantara, berikut 7 Olahan bebek ini punya rasa istimewa yang bikin siapa saja ngiler! Apa saja, ya?

  1. Bebek Betutu

Bebek betutu mempunyai bumbu dan cara pengolahan yang sama dengan ayam betutu. Populer di Pulau Dewata, Bali, bebek betutu identik dengan pelengkap daun singkong, serta bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Tak lupa dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dipanggang.

Sudah memiliki rasa sedikit pedas dari bumbu. Bebek betutu dengan sepiring nasi putih hangat, mantap juga disantap dengan menggunakan sambal matah atau sambal embe.

  1. Bihun Bebek

Pelesiran ke Medan, jangan sampai melewatkan lezatnya bihun bebek yang terkenal sekali di kota ini. Punya kuah kaldu nan bening dan gurih, dalam seporsi bihun bebek terdapat isian yang terdiri dari bihun, daging bebek, daun selada, daun ketumbar, dan bawang putih goreng.

Sebelum dimasak dengan bumbu, daging bebek dibaluti dengan menggunakan cuka dan garam. Dari sini lah, kelezatan daging bebek bihun hadir. Cukup mengenyangkan, bihun bebek pas dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet nasi.

  1. Bebek Bacem

Gurihnya meresap ke setiap lapisan daging. Dimasak dengan menggunakan santan, gula Jawa, dan bumbu, bebek bacem terkenal di wilayah Klaten, Jawa Tengah.

Teksturnya yang nampak basah dan mengkilat ketika disajikan, cukup menggoda mata yang buat kamu ingin segera menikmatinya. Selagi menyantapnya, jangan lupakan lalapan yang menjadi teman terbaik untuk menikmati bebek bacem.

  1. Bebek Hitam Madura

Cara memasaknya yang sedikit agak lama serta penggunaan minyak goreng yang cukup banyak, membuat olahan bebek asal Madura ini mendapatkan warnanya yang hitam.

Kaya rempah-rempah, bebek hitam Madura paling nikmat disantap dengan menggunakan nasi putih yang pulen dan sambal bawang, campuran bawang putih, cabai, dan garam yang diguyur minyak goreng.

  1. Bebek Garo Rica

Seperti umumnya bebek goreng yang dibumbui dengan banyak rempah-rempah, yang menjadikan bebek garo rica berbeda dari lainnya yaitu keberadaan sambal merah nan pedas yang dilumurkan menjadi satu dengan bebek usai digoreng.

Terkenal di daerah Sulawesi, bebek garo rica bisa jadi pilihan lauk nan lezat untuk menu makanan sehari-hari. Dijamin! Semuanya suka dengan citarasa olahan bebek ini.

  1. Itiak Lado Mudo

Identik dengan pedasnya cabai hijau yang bikin makan jadi keringetan, itiak lado mudo ialah olahan bebek yang cukup terkenal dari ranah Minang, Sumatera Barat.

Menggunakan daging itik yang masih muda, itiak lado mudo dimasak dengan bumbu yang kaya rempah dengan aroma dedaunan seperti daun jeruk, daun lawang, dan daun sereh yang begitu kuat, jadi ciri khas rasa yang istimewa itiak lado mudo.

  1. Bebek Kuali

Olahan bebek khas Batu ini dimasak atau disajikan dalam kuali tanah liat. Nampak sangat tradisional, bebek kuali dimasak dengan cara direbus bersama bumbu rempah-rempah.

Kamu yang doyan hidangan berkuah, bebek kuali bisa jadi pilihan. Daging yang empuk dengan rasa yang begitu kuat, bisa dipastikan bikin kamu pengin nambah terus.