7 Jajanan Khas Legendaris yang Ditabur Kelapa parut, yang Mana Favoritmu?

Wisatakuliner.org, Indonesia Indonesia memiliki beraneka ragam kue tradisional yang masing-masing memiliki ciri khas, dan bikin kita terngiang begitu disebut namanya. Seperti tujuh jajanan yang legendaris berikut ini yang nikmatnya dilengkapi dengan taburan kelapa parut. jadi makin gurih nih! Apa saja, ya?

  1. Klepon

Mana tahan dengan lelehan gula jawa begitu menggigit kenyalnya kue klepon. Identik berbentuk bulat mungil, klepon terbuat dari tepung beras dan tepung ketan yang direbus. Gurih manisnya klepon makin lengkap dengan taburan kelapa parut yang sekali makan bikin nagih.

  1. Kue Putu

Dimasak menggunakan alat bantu berupa bambu, kue putu salah satu jajanan yang cukup nikmat disantap pada sore hari. Sama seperti klepon yang memiliki isian gula jawa, kue putu terbuat dari tepung beras yang dikukus. Agar mengundang perhatian, kue putu bisa dibuat menarik dengan menggunakan pewarna makanan warna hijau.

  1. Getuk

Olahan berbahan singkong yang dikukus ini memiliki rasa manis dan gurih. Menariknya, getuk sering dibuat dengan beraneka ragam warna seperti hijau, kuning, merah muda,  dan coklat, yang berasal dari pewarna makanan. Makin manis lagi, taburan kelapa parut ketika penyajian yang menggugah selera makan.

  1. Kue Putri Noong

Terbuat dari kolaborasi singkong dan pisang yang dimasak dengan cara dikukus, jajanan yang punya taburan kelapa parut ini identik dengan warna selang-seling hijau dan merah, dengan potongan pisang dibagian tengah. Kue putri noong yang memiliki rasa manis ini terkenal di wilayah kota kembang, Bandung.

  1. Kue Awuk – Awuk

Kue awuk-awuk terbuat dari tepung ketan, dan memiliki rasa manis. Berbeda dari yang lainnya, taburan kelapa parut pada kue awuk-awuk bisa dicampur dengan pewarna makanan supaya penampilannya kian manis seperti rasanya.

  1. Jaje Laklak

Si manis asal Pulau Dewata, Bali, ini tidak hanya identik dengan warna hijau. Melainkan juga ditaburi dengan kelapa parut. Adonan jaje laklak terbuat dari tepung beras yang dicampur santan dan daun suji, dimasak ke dalam cetakan kue yang umumnya berbentuk lingkaran. Ketika matang, tak lupa kucuran saus yang terbuat dari gula merah kental di bagian atas.

  1. Cenil

Jajanan kenyal yang ditaburi dengan kelapa parut ini, dibuat dari campuran tepung terigu dan kanji. Gurih dan manis, deskripsi rasa yang dimiliki oleh cenil. Sama seperti getuk, cenil dibuat warna-warni biar makin manis saat disajikan. Siapa sih yang gak tergiur? Apalagi menyantapnya ditemani secangkir teh melati.