7 Kuliner Babi Di Asia yang Lezatnya Mantul!

Wisatakuliner.org, Asia – Akhir-akhir ini, babi sedang jadi pusat perhatian negara kita karena sempat trending dimedia sosial. Di salah satu daerah Indonesia sedang berwacana akan meniadakan keberadaan babi akibat virus. Selain daging ayam, sapi, kerbau dan kambing, olahan daging babi juga menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia khususnya bagi non muslim.

Jika di Indonesia terkenal dengan rica-rica babi, bagaimana kuliner babi di tujuh negara Asia? Apa saja yang terkenal? Yuk ikuti.

1. Cha lua

Dibungkus dengan menggunakan daun pisang atau plastik khusus, cha lua dapat dibilang rolade daging babi khas Vietnam. Cha lua dimasak dengan menggunakan bumbu rempah dengan campuran tepung jagung, Cha lua disajikan dengan cara dikukus. Irisan dari cha lua ini bisa digunakan sebagai isian burger atau sandwich. Namun, tidak sedikit pula yang menyantapnya sebagai cemilan bersama sambal ataupun saus.

2. Jokbal

Selain galbi dan pyeonyuk, jokbal menjadi kuliner olahan daging babi asal Korea Selatan yang tak pernah dilewatkan kelezatannya oleh para penikmatnya. Jokbal tak lain adalah kuliner yang menggunakan kaki babi sebagai bahan utamanya. Lalu kaki babi direbus dengan menggunakan racikan bumbu dan tambahan saeujeot. Jokbal sendiri biasanya disantap dengan menggunakan kimchi atupun irisan sayur.

3. Dinuguan

Dinuguan mempunyai warna hitam legam yang terbuat dari daging, jeroan serta darah babi yang dimasak rebus bersama dengan bumbu rempah-rempah layaknya sup pada umumnya. Kuliner babi ini berasal dari Filipina. Di negara Lumbung Padi tersebut, biasanya dinuguan disantap dengan nasi putih atau dapat juga dijadikan cemilan yang dijodohkan dengan lembutnya puto.

4. Buta no kakuni

Jepang tidak hanya terkenal dengan olahan ikannya. Selain tonkatsu, ada kuliner babi yang cukup unik yang bernama buta no kakuni. Kenapa terbilang unik? Karena kuliner ini menggunakan perut babi sebagai bahan utamanya dan dipotong dalam bentuk persegi. Buta no kakuni dimasak dengan cara direbus bersama bumbu campuran dashi dan sichimi togarashi.

5. Siu yuk

Masih dengan bahan utama perut babi, bedanya siu yuk disajikan dengan cara dipanggang hingga memiliki permukaan yang berwarna cokelat keemasan.Siu yuk merupakan kuliner babi yang berasal dari Tiongkok.

6. Pad kana moo krob

Berisi sayuran hijau, pad kana moo krob merupakan tumisan daging babi yang sering dipilih masyarakat thailand sebagai lauk pendamping nasi putih. Mempunyai rasa gurih dan sedikit pedas, pad kana moo krob menggunakan perut babi sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan sayuran seperti kale dan brokoli.

7. Pork vindaloo

Punya rangkaian nama yang berasal dari bahasa Portugis, kuliner babi yang warnanya cukup menggiurkan di lidah ini terkenal sekali di India.

Pork vindaloo merupakan daging babi kaya rempah yang biasanya dinikmati sebagai hidangan keluarga pada saat perayaan hari tertentu.