5 Aneka Masakan Khas dari Olahan Ikan Tenggiri, yang Harus Wajib Dicoba!

Wisatakuliner.org, Indonesia – Negara Indonesia sebagai negara maritim memiliki wilayah laut yang luas dibanding dengan daratannya. Sekitar 71% wilayah Indonesia terdiri dari laut. Sebagian penduduk tanah air pun menjadikan laut sebagai mata pencaharian, yang bisa disebut berprofesi sebagai nelayan.

Para nelayan mencari berbagai macam jenis ikan untuk dijual dan diolah menjadi makanan. Salah satu ikan yang paling banyak ditemui di perairan Indonesia adalah ikan tenggiri. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan khas di berbagai daerah.

Nah, bagi kamu pencinta tenggiri, berikut beberapa makanan khas dari olahan ikan ini.

  1. Siomay Khas Bandung

Makanan khas satu ini juga sering kita jumpai di berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, penjual siomay pasti sering kita jumpai sehari-hari. Makanan khas satu ini ternyata berasal dari ibukota provinsi Jawa Barat, Bandung.

Bahan dasar dari siomay adalah olahan ikan tenggiri yang dihaluskan. Siomay biasanya paling nikmat jika disajikan dengan bumbu kacang.

  1. Otak- otak Ikan Khas Jambi

Kuliner khas yang satu ini pasti sering kamu jumpai di berbagai daerah. Otak-otak merupakan makanan yang berasal dari Kepulauan Riau. Namun ternyata, beberapa daerah memiliki resep khusus dalam membuat otak-otak.

Di Kota Jambi, otak-otak terbuat dari ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Supaya lebih nikmat, otak-otak biasanya disajikan dengan sambal dari bumbu kacang yang dicampur cuka dan beberapa bahan lainnya.

  1. Pempek Khas Palembang

Siapa yang tidak tahu pempek? Ya, makanan khas Palembang ini memang cukup terkenal di berbagai daerah.

Pempek adalah makanan dari olahan ikan yang digiling dan dicampur dengan tepung kanji dan beberapa bahan lainya. Jenis ikan yang paling sering digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri.

  1. Kellapate Khas Madura

Jika momen lebaran biasanya identik dengan masakan opor ayam, lain halnya dengan di Madura. Madura punya masakan khas Idulfitri yang berbeda. Namanya kellapate, yang merupakan makanan khas Lebaran dari Madura yang terbuat dari ikan tenggiri. Dalam masakan ini, ikan tenggiri diolah bersama santan serta diberi tambahan cabai merah dan belimbing wuluh yang menambah sensasi segar saat menyantap masakan ini.

  1. Kemplang Kerupuk Khas Bangka

Kemplang merupakan kerupuk dari olahan ikan tenggiri. Kerupuk khas Pulau Bangka ini biasanya berbentuk bulat, namun tidak terlalu lebar. Kemplang paling nikmat jika disajikan dengan sambal terasi.

Biasanya, makanan ini paling banyak diserbu wisatawan yang berlibur di Pulau Bangka untuk dijadikan oleh-oleh.