Benarkah Makan Langsung Pakai Tangan Membuat Makanan Jadi Lebih Nikmat?

WisataKuliner.org – Langsung menggunakan tangan saat makan menimbulkan sensasi kenikmatan tersendiri. Tidak hanya sekedar tradisi, peneliti menyebutkan bahwa seseorang yang makan langsung pakai tangan akan merasa lebih puas. Sayangnya, banyak juga yang memilih untuk makan menggunakan sendok dan garpu, karena menganggap lebih praktis dan tidak mengotori tangan.

Ketika seseorang makan langsung menggunakan tangan makanan akan terasa lebih enak, memuaskan dan makan lebih banyak hal ini dipublikasikan dari hasil studi dalam Journal of Retailing.

Dengan sentuhan langsung dapat meningkatkan respons sensorik, yang menyebabkan makanan jadi terasa lebih enak dan menarik. Hal ini dibuktikan oleh peneliti studi Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology di AS, Madzharov meminta sebanyak 45 mahasiswa untuk membayangkan dan memperhatikan secara visual keju Muenster. Lalu sebelum memakannya mereka diminta untuk menceritakan tentang kebiasaan makannya. Setengah dari peserta diminta untuk menggunakan garpu dan mencicipi keju tersebut dan setengah peserta lainnya makan langsung menggunakan tangan. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa partisipan yang memakan langsung memakai tangan mengatakan, keju jadi terasa lebih enak dan nikmat.

Percobaan kedua, para peneliti mengumpulkan 145 mahasiswa dan membaginya menjadi dua kelompok. Untuk kelompok pertama diberitahu untuk berhati-hati dan menjaga diet mereka, sedangkan kelompok kedua diberikan kebebasan untuk tidak terlalu mengkhawatirkan masalah berat badan mereka dan diminta untuk lebih menikmati hidup. Lalu mereka diberikan empat donat, setengah dari mereka makan langsung menggunakan tangan, sisanya menggunakan alat makan. Dari hasil tes menyebutkan bahwa ketika peserta menyentuh makanan, efeknya berbeda dengan menggunakan alat makan karena jauh lebih enak dan nikmat.