Enak! 5 Makanan Kuliner Khas Klungkung, Bali yang Cocok Untuk Para Wisatawan

Wisatakuliner.org, Bali – Kabupaten Klungkung menjadi salah satu daerah yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Bali yang terdiri dari area di Pulau Bali dan Pulau Nusa Penida. Menariknya, daerah ini memiliki berbagai makanan khas yang sangat menarik dan pastinya perlu untuk dicoba terutama bagi wisatawan asing.

Nah, bagi kalian yang akan melancong ke Bali, terutama di Kabupaten Klungkung, maka harus mencoba beberapa makanan nikmat khas Klungkung Bali berikut ini.

  1. Serombotan

Kemudian ada juga kuliner pedas bernama serombotan yang sangat khas dari Klungkung, Bali. Makanan ini berupa kumpulan sayuran seperti kangkung, kacang panjang, bayam terong, kacang-kacangan, dan taoge. Kemudian ditambahkan dengan tumbukan kacang yang ditambah dengan bumbu-bumbu nikmat.

Makanan ini sangat pas terutama buat kalian yang vegetarian dan memiliki rasa yang sangat khas dan pedas tentunya. Di samping itu, kudapan ini juga sangat murah dan sangat mudah ditemui di berbagai tempat di Klungkung.

  1. Bubur Masak

Bubur masak menjadi kuliner asal Klungkung yang gak boleh dilewatkan ketika datang ke sini, serta mudah untuk ditemukan pada beberapa area di pinggir jalan ataupun warung maupun restoran.

Kuliner ini berupa bubur yang diberi kuah khas berwarna kuning yang diberi dengan urap ataupun sajian sayur lainnya. Serta, ditambahkan dengan kacang kedelai yang memberikan sensasi crispy dan gurih disertai menggunakan daun pisang sebagai alasnya yang membuatnya tambah mantap sehingga makanan ini sangat cocok dinikmati ketika pagi hari maupun siang hari.

  1. Lawar Godel

Lawar Godel menjadi kuliner khas Klungkung yang terbuat dari bahan utama daging sapi yang dicincang dan dicampur berbagai macam bumbu yang nikmat. Makanan ini begitu khas yang biasanya dipadukan dengan kacang yang memberikan sensasi krispy serta nasi putih hangat bikin tambah sedap.

Serta, makanan ini dapat dijumpai di beberapa tempat di Klungkung yang pastinya memiliki rasa gurih dan begitu sedap.

  1. Sate Languan

Salah satu sajian yang tak boleh terlewat adalah Sate Languan yang terbuat dari bahan dasar ikan laut. Kuliner ini memiliki bentuk seperti sate lilit, di mana daging ikannya dihaluskan dengan berbagai bumbu-bumbu khas dan kemudian dilekatkan pada lidi. Rasa sate ini sangat gurih dan sangat kaya akan rasa dari rempah-rempahnya.

Sate ini juga sangat mudah ditemui di Klungkung, baik pada penjual kaki lima maupun di warung ataupun resto. Sajian sate ini juga cocok untuk dimakan bersama nasi ataupun pelengkap lainnya.

  1. Mie Koples

Mie Koples merupakan salah satu makanan nikmat yang perlu untuk dicoba saat berada di Klungkung, Bali. Kuliner mie ini menghadirkan sensasi pedas dari bumbu kacang yang ditambahkan dengan cabai rawit. Namun kuliner mie satu ini berbeda dibandingkan dengan kuliner mie pada umumnya, yang mana menggunakan bihun rebus.

Kemudian mie disantap dengan berbagai tambahan, seperti kacang merah dan ketupat yang bikin tambah kenyang. Pastinya buat kalian pecinta pedas harus banget mencoba kuliner mie satu ini.