6 Makanan khas Bali Yang Super Enak

WisataKuliner.org, Bali – Siapa yang tidak mengenal dengan Bali? Destinasi wisata yang ada di Bali ini menjadi salah satu kebanggaan bagi Negara Indonesia yang sangat terkenal akan keindahan pantainya yang pastinya membuat wisatawan domestic hingga wisatawan asing berkunjung ke Bali.

 

Bali yang sering di sebut surganya dunia, bukan hanya di kenal dengan tempat wisata pantai yang indah dan memiliki air yang jernih, namun juga di kenal memiliki makanan khas yang terkenal sangat lezat. Namun bagi yang beragama muslim anda harus lebih jelih untuk memilih  kuliner khas bali. Di karenakan beberapa kuliner khas dari pulau dewata ini terbuat dari daging babi.

  1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo ini hampir mirip dengan nasi kucing yang nasinya hanya sebesar gempalan tangan orang dewasa.  Nasi jinggo memiliki daging ayam suwir,mi goreng dan tempe goreng dan yang paling khas dari nasi ini ialah sambalnya yang super pedas. Jika hanya memakan sebungkus tidak akan kenyang, dan kamu balakan namboh lagi saat makan nasi jinggo ini.

  1. Babi Guling

Babi Guling merupakan makanan  yang berbahan daging babi yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu di panggang sambil di putar (diguling-gulingkan) hingga  matang yang ditandai dengan warna kulit yang menjadi kecoklatan dan renyah. Kuliner ini wajib di coba karena memiliki daging yang empuk dan memiliki rasa yang khas.

  1. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng ini di sajikan yang agak lembek seperti bubur. Nasi yang lembek ditaburi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor dan kelapa parut. Bahkan ada yang memberikan menu tambahan di atasnya seperti telur dan awan suwir. Untuk menambah kelezatan dari nasi tepeng tentunya di tambahkan bumbu rempah-rempah ala bali.

  1. Sate Plecing

Sate Plecing di racik dengan bumbu-bumbu khas bali yang teridiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau. Rasa Sate yang gurih dan sedikit asam yang di hasilkan dari jeruk limau akan membuat lidah anda bergoyang. Sate Plecing ini bukan hanya terbuat dari daging ayam saja namun terdiri dari daging ikan dan babi. Anda mau coba yang mana?

  1. Sate Lilit

Sate lilit berbeda seperti sate pada umumnya yang dagingnya dipotong dan di tusuk menggunakan lidi, namun sate lilit di buat dengan cara daging yang di haluskan dan di campur  dengan bumbu khas bali dan dililitkan pada batang serai yang membuat  aroma khas serai  menyatu dengan daging yang di lilit. Daging yang di gunakan untuk membuat sate lilit bukan hanya daging ayam namun bisa juga menggunakan daging babi dan daging ikan.

  1. Rujak Bulung Dan Rujak Kuah Pindang

Setelah anda mencicipi makanan khas bali yang terbuat dari daging, kini anda dapat mencicipi rujak khas bali yang terkenal akan pedasnya. Rujak Bulung ini terbuat dari irisan mangga dan campuran kuah pindang dan cabai yang sueper pedasnya. Rujak ini tidak terdiri dari mangga iris saja namun bisa menggantinya dengan buah lainnya atau rumput laut.