8 Camilan berbahan Olahan Pisang Khas Makassar, yang Lezat Bikin Ketagihan!

Wisatakuliner.org, Makassar – Ada berbagai macam olahan pisang yang bisa kamu nikmati sebagai camilan yang nikmat. Yup, selain dimakan langsung, pisang bisa diolah jadi berbagai makanan atau dessert yang enak.

Salah satu kota yang Khas dengan olahan pisang yakni Makassar. Es pisang ijo jadi yang paling terkenal di sana.

Selain es pisang ijo, ternyata banyak camilan khas Makassar yang juga berbahan dasar pisang. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak beberapa camilan khas Makassar yang terbuat dari pisang berikut ini!

  1. Pisang Epe

Camilan satu ini diolah dengan cara dibakar. Yang lebih istimewa, kuliner ini disajikan dengan saus gula aren yang memunculkan rasa manis yang khas.

  1. Barongko

Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan pisang yang sudah matang. Setelah itu, masukkan telur, santan, dan gula pasir. Bungkus adonan dengan daun pisang, lalu kukus. Barongko siap dinikmati!

  1. Jadde’Utti

Jadde’ artinya olahan singkong, sementara utti artinya pisang. Nah, camilan satu ini merupakan gabungan dari kedua bahan tersebut. Pisang ini dibungkus adonan singkong berwarna cerah, kemudian diberi taburan kelapa parut yang nikmat.

  1. Pallu Butung

Kalau ke Makassar, rasanya kurang afdal kalau gak mencicipi camilan satu ini. Selain es pisang ijo, palu butung juga gak kalah populer. Bahkan, kedua makanan tersebut sering dianggap sama.

Minuman satu ini disajikan dengan irisan pisang yang manis, bubur sumsum dan sirup merah. Bedanya dengan es pisang ijo, pisang dalam palu butung tidak dilapisi tepung berwarna hijau. Makin nikmat jika dinikmati dengan es batu.

  1. Roko – Roko Unti

Kue khas Makassar ini termasuk dalam kue basah yang biasanya dikenal sebagai nagasari. Dibuat dari tepung beras, gula pasir, dan santan, kemudian diaduk hingga mengental. Jangan lupa beri potongan pisang rebus sebagai isian kue.

  1. Sanggara’ Balanda

Jenis pisang yang digunakan sanggara balanda adalah pisang raja atau pisang tanduk yang sudah matang. Cara membuatnya gampang banget kok, pisang dibelah tengahnya dan digoreng. Selanjutnya, bagian tengahnya diberi campuran kacang tanah sangrai, karamel, dan gula aren.

  1. Kambeng – Kambeng Pisang

Makanan satu ini berupa olahan pisang yang digoreng dengan tepung. Di tempat asalnya, pisang goreng ini biasanya berupa potongan dadu yang renyah.

  1. Brownis Pisang

Sama seperti olahan brownis pada umumnya, hanya saja adonannya ini lebih banyak menggunakan bahan pisang. Rasanya pun sedikit beda dibanding brownis lainnya, teksturnya lebih padat namun tetap lembut dan enak.