Ini 5 Olahan Salad Khas Indonesia yang Tak Kalah dengan Kuliner Asing, yang Mana Kamu Suka?

Wisatakuliner.org, Indonesia – Sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang beragam, Indonesia pun punya olahan sayuran serupa salad. Bumbu yang dipakai juga kaya rempah sehingga membuat masakan ini jadi super sehat.

Tidak bisa dimungkiri bahwa konsumsi sayuran amatlah menyehatkan untuk tubuh. Mau diolah atau dimakan mentah seperti salad, sayuran menyimpan sejuta nutrisi sehat. Penasaran salad versi Indonesia itu apa saja? beberapa contohnya, ini 5 jenis olahan salad yang di tambah rempahan menjadikan makanan ini semakain sehat lho!

  1. Gado – gado

Hampir serupa dengan pecel, gado-gado juga menggunakan bumbu kacang. Hanya saja, isian gado-gado lebih lengkap, yaitu menggunakan lontong, kentang rebus, tahu dan tempe goreng, telur rebus, tomat, mentimun, serta daun selada segar.

Hal lain yang bikin gado-gado makin nikmat disantap yaitu adanya kerupuk dan emping melinjo yang setia menemani sajian ini.

  1. Pelecing Kangkung

Sajian salad khas Indonesia yang satu ini dikenal sebagai makanan asli Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kangkung di daerah ini punya tekstur yang lebih renyah dan manis.

Untuk membuat pelecing kangkung, cukup mudah. Setelah merebus sayuran, siapkan bumbu sambalnya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, tomat, dan terasi bakar. Kemudian, ulek bumbu tersebut. Setelah agak halus, tambahkan di atas kangkung rebus.

  1. Urap

Urap kerap kali disandingkan sebagai sayuran pendamping ayam bakar. Sebabnya, urap akan memberikan sensasi rasa yang menyegarkan selagi kamu kepedasan saat mengunyah daging ayam berbumbu tersebut.

Menggunakan sayuran rebus sebagai bahan utama, urap juga memakai bumbu parutan kelapa yang gurih dan penuh bumbu. Selain bumbu kelapa yang bertekstur basah, beberapa daerah menggunakan bumbu yang sudah disangrai sehingga teksturnya lebih kering. Dua-duanya sama enaknya, kok!

  1. Trancam Sayur

Jika ada pecel yang mirip dengan gado-gado, ada pula trancam yang serupa dengan urap. Malahan, bumbu yang dipakai sama, lho. Hal yang membedakan dari kedua sajian ini ialah pemilihan sayur yang dipakai.

Pada dasarnya, urap menggunakan sayuran hijau yang direbus, trancam terdiri dari sayuran mentah, seperti kecambah, daun kemangi, dan rajangan kacang panjang. Sensasi rasanya sendiri menyegarkan, manis, dan ada sedikit rasa pedas.

  1. Pecel

Siapa yang tidak tahu pecel? Hampir semua orang menjadikan olahan ini sebagai menu sarapan favoritnya.

Bagaimana tidak, seporsi pecel yang terdiri dari rebusan sayuran hijau, taoge, bunga turi, kemudian disiram dengan bumbu kacang ini sanggup membuat perut kenyang pada pagi hari. Belum lagi jika diberi tambahan lauk tempe goreng, rempeyek, dan bakwan jagung, tentu pecel jadi sajian yang sulit untuk ditolak.