6 Hidangan Cumi Dengan Berbagai Khas Bumbu Nusantara,Enaknya Sangat Menggiurkan!

Wisatakuliner.org, Indonesia Menyantap nasi hangat dengan olahan seafood memang gak bisa ditolak kenikmatannya. Salah satu jenis seafood atau makanan laut yang disukai adalah cumi. Hewan dengan tekstur kenyal dan tinta hitam yang khas ini memiliki rasa gurih sehingga cocok dimasak dengan berbagai bumbu.

Kalau membahas cumi gak lengkap rasanya jika melewatkan ragam masakan cumi khas nusantara. Mulai dari saus padang, tinta hitam sampai balado cabai hijau, semuanya ada!

  1. Oseng Cumi Tinta Hitam

Menyantap cumi gak lengkap kalau gak mencobanya dengan tinta hitam yang bikin makan jadi belepotan. Tapi meski begitu rasa tinta cumi gak mengecewakan lho, olahan cumi tinta hitam ini punya cita rasa pedas gurih berpadu dengan aroma khas daun jeruk yang segar. Kalau makan ini pakai nasi putih hangat sih pasti bikin nambah porsi!

  1. Tumis Cumi Asin Pete

Kalau kamu berkunjung ke warteg gak mungkin kalau gak menemukan tumis cumi asin pete. Olahan yang selalu ada dan diincar banyak orang dengan rasa pete yang khas dan cumi kenyal asin yang bikin ketagihan.

Tanpa campuran banyak rempah, hidangan ini bisa dibuat dengan bumbu sederhana, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, tomat, petai dan cumi asin sebagai bahan utamanya.

  1. Cumi Saus Padang

Menu cumi saus padang juga gak boleh ketinggalan nih. Saus padang memiliki tekstur kental dengan rasa pedas dan sedikit asam, bila berpadu dengan cumi segar, enaknya gak perlu diragukan lagi. Kalau makan di warung seafood pinggir jalan gak pernah ketinggalan kalau gak beli cumi saus padang sebagai hidangan utamanya!

  1. Cumi Sambal Hijau

Ciri khas rasa sambal hijau yang pedas dan gurih akan menciptakan sensasi makan yang nikmat bila dipadukan dengan cumi. Cumi yang diolah bisa jenis cumi asin atau cumi yang masih segar. Cumi sambal hijau memiliki rasa pedas yang tidak terlalu tajam sehingga cocok dinikmati buat pecinta makanan laut yang gak terlalu suka sensasi pedas terbakar.

Kunci kenikmatan dari cumi sambal hijau adalah pemilihan cabai hijau keriting dan cabai hijau rawit yang masih segar serta tomat hijau.

  1. Cumi Bakar Manis

Menu cumi bakar manis yang juga wajib banget disantap saat acara kumpul bersama keluarga. Cumi bakar bisa jadi pilihan buat kamu yang bosan sama menu ikan atau daging bakar. Cumi segar yang dibakar juga memberi rasa gurih dan manis yang khas, kalau makan ini pasti gak bisa berhenti ngunyah, deh!

  1. Cumi Asam Manis Kecap

Rasa asam manis cumi ini tercipta dari perpaduan kecap, gula merah dan asam jawa. Tanpa ada rasa pedas sedikitpun, cumi asam manis bisa dikonsumsi anak-anak dan membuat nafsu makan mereka meningkat. Kamu juga bisa mengkreasikan cumi asam manis menjadi cumi bakar yang lebih nikmat lagi.