6 Makanan khas Pontianak Yang Wajib Anda Coba

Wisatakuliner.org – Siapa yang menyangka kalau ternyata Pontianak memiliki banyak makanan lezat, maka sayang sekali jika anda berkunjung ke Ibu Kota Pronvinsi Kalimantan Barat ini tidak mencicipi makanan khas yang bakal mengoyang lidah anda.

Untuk kaum muslim tentunya tidak perlu khawatir karena masih banyak makanan halal di kota khatulistiwa ini. Dari pada penasaran makanan apa saja yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke Pontianak, yuk ikuti ulasan yang akan kami buat tentang 6 makanan yang sangat lezat.

  1. Bubur Pedas

Bubur ialah makanan yang sering menjadi pilihan makanan untuk sarapan pagi. Di kota Pontianak ini tentunya menyajikan bubur yang berbeda pada umunnya yaitu bubur pedas. Bubur pedas ini merupakan makanan yang sangat populer dan di gemari oleh masyarakat Pontianak maupun luar Pontianak.

Bubur pedas ini terbuat dari bumbu rempah dan sayuran seperti daun pakis, daun kesum dan lainnya. Soal rasa tidak perlu di ragukan lagi dan rasa bubur ini juga sesuai dengan namanya yang dijamin sangat pedas dan membuat anda ketagihan. Untuk menambah citra rasa dari bubur ini juga ditaburkan kacang goreng dan teri goreng.

  1. Pengkang

Pekang merupakan makanan yang berbahan dari beras Ketan yang di bungkus dengan daun pisang dengan isi udang ebi dan kemudian di bakar. Proses pengolahan alami dan menggunakan daun pisang yang membuat kuliner asal kota khatulistiwa ini memiliki aroma khas yang yang tiada duanya.

Biasanya Pengkang akan lebih nikmat jika di sajikan dengan sambal kerang.

  1. Burung Punai

Kuliner khas Pontianak yang juga sangat terkenal ialah Burung Punai. Burung Punai ialah burung jenis burung yang menyerupai burung merpati dan warnya hijau dan paruhnya kemerahan. Burung punai ini memiliki kelezatan yang tidak ada duanya dan biasanya burung punai ini di sajikan digoreng atau di panggang.

  1. Kue Bingke

Kue Bingke ini bisa anda cicipi dan sekaligus  bisa di jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang  ada di kampung halaman. Dengan tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis, kini kue ini di kembangkan menjadi berbagai varian rasa mulai dari kacang ijo, durian, coklat, keju, susu dan berbagai rasa lainnya.

  1. Jorong-Jorong

Saat memasuki bulan ramadhan biasanya  akan ada makanan khas yang di jajakan. Di Pontianak ada juga kuliner khas yang muncul pada saat menjelang bulan ramadhan yaitu jorong-jorong. Bahan untuk membuat jorong jorng ini menggunakan tepung beras dan santan yang di kukus menggunakan wadah yang terbuat dari tepung beras dan santan.  Jajanan khas Ketapang ini dapat juga di temukan di tepian sungai Pontianak ini.

  1. Es Krim Petrus

Es krim petrus ini dapat anda temukan didepan sekolah santo petrus Pontianak. Kuliner ini sangat cocok di nikmati saat panasnya kota Pontianak.

Untuk Varian rasa sangat banyak terdiri dari rasa Vanilla, Coklat dan nangka. Es Krim ini  juga dapat di sajikan menggunakan roti, gelas bahkan menggunakan bisa di tambahkan topping seperti kacang merah, agar-agar, cincau dan coklat cair.

  1. Sagu Gunting

Makanan penutup penyegar tenggorokan khas Pontianak lainnya ialah Sagu Gunting. Sagu Gunting ialah makanan yang terbuat dari sagu yang bertekstur seperti mirip agar-agar, makanan khas Pontianak ini memiliki rasa yang manis dari gula merah.