5 Rekomendasi Makanan Enak Khas Lampung yang Wajib Dicoba!

Wisatakuliner.org, Lampung – Lampung adalah provinsi yang pasti dilewati oleh semua orang yang hendak ke pulau Jawa dan ke pulau Sumatra. Lampung memang menjadi tempat yang strategis untuk berbisnis kuliner, khususnya di pelabuhan Bakauheni yang menjadi tempat lalu lalang ratusan ribu orang.

Oleh karena itu, kamu wajib mencicip 5 makanan ini. Dijamin enak dan bikin ketagihan, pokoknya cocok untuk oleh-oleh. Apa saja makanannya? Yuk simak di sini.

  1. Seruit

Seruit adalah makanan khas Lampung selanjutnya yang wajib kamu cicipi. Seruit terbuat dari ikan yang diberi sambal dan buah-buahan, berbeda dengan ikan biasanya, seruit menggunakan ikan bakar dengan pengolahan khusus. Walaupun demikian, seruit terbilang cukup susah ditemukan, biasanya hanya dijual di rumah makan tertentu saja. Seruit juga merupakan makanan wajib suku Lampung ketika ada event tertentu seperti pernikahan dan acara penting lainnya.

  1. Ikan Panggang

Makanan lezat yang satu ini berbahan ikan panggang yang sudah dibumbui dengan diasapi atas bara api ini sangat mudah dijumpai di semua rumah makan yang ada di Lampung. Biasanya penyajiannya bisa dicampur dengan sambal, nasi dan bahan makanan lainnya. Bisa dibilang hampir semua orang Lampung tau dan pernah mencicipi makanan ini, kamu udah pernah mencoba?

  1. Tempoyak

Tempoyak merupakan makanan fermentasi dari buah durian, tempoyak cocok disajikan hampir di semua makanan mulai dari ikan, daging dan lainnya. Jika dilihat secara sekilas bentuk tempoyak seperti sambal, rasanya yang gurih menjadikan makanan ini sangat laris di Lampung. Apalagi jika musim durian tiba, tempoyak bisa ditemui hampir di semua rumah makan jadi tidak perlu khawatir tidak bisa mencicipi makanan ini.

  1. Kemplang Khas Lampung

Kemplang bisa dibilang jajanan yang paling terkenal dan paling banyak penjualnya di Lampung, khususnya di sekitaran Pelabuhan Bakauheni. Makanan berbentuk bulat ini biasa dimakan menggunakan sambal pedas manis. Walaupun sejenis kerupuk, kemplang memiliki perbedaan yang mencolok mulai dari bentuk yang bulat tebal sampai teksturnya yang sedikit keras dan mempunyai rasa yang tidak bisa dijelaskan ketika menempel di lidah, pokoknya gurih, renyah dan pedas manis.

Mampir ke Lampung jika tidak sah rasanya jika tidak mencicipi makanan ini. Tidak perlu khawatir sulit mendapatkannya, karena kemplang banyak sekali penjualnya di toko makanan atau di pinggir jalan.

  1. Pindang

Pindang Lampung menjadi makanan yang wajib kamu cicipi, hidangan ini berbahan dasar ikan. Rasanya yang lezat dan asam manis dicampur dengan kuah khas Lampung membuat siapa pun tidak sabar untuk mencicipi makanan ini. Makanan ini sangat mudah dijumpai di rumah makan, warteg dan warung-warung di pinggir jalan.