Selain Nasi Padang, 7 Makanan Khas Minang Ini Wajib Dicoba Bikin Kamu Gagal Diet!

Wisatakuliner.org, Padang – Indonesia merupakan negeri yang kaya akan ragam kulinernya. Bila kelezatan nasi Padang sudah mendunia, maka kamu juga harus tahu bahwa dari Padang ada beragam menu masakan khas lain yang wajib kamu coba. Penasaran apa saja masakan khas Minang yang juga wajib kamu cicipi? Yuk,simak ulasannya berikut ini.

  1. Soto Padang

Indonesia memiliki banyak sekali varian kuliner soto. Salah satunya adalah soto Padang. Soto Padang mempunyai isian seperti irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun, perkedel ditambah kerupuk, dan disajikan dengan siraman kuah kaldu sapi yang nikmat.

  1. Kalio Daging

Kalio adalah sebutan untuk rendang yang masih setengah jadi. Bila rendang yang sudah jadi akan cenderung berwarna cokelat kehitaman, maka kalio akan cenderung berwarna masih kecokelatan. Kalio memiliki tekstur yang lebih lengket dan basah.

  1. Dendeng Batokok

Dalam bahasa Minang “tokok” berarti memukul. Maka dendeng batokok adalah daging sapi yang telah dibumbui, kemudian diolah dengan cara dagingnya dipukul-pukul hingga menjadi pipih. Berbeda dengan dendeng balado yang khas dengan warna merahnya, biasanya dendeng batokok dilumuri dengan lado mudo.

Lado mudo merupakan percampuran antara cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, serta garam yang kemudian diuleg kasar. Meski begitu, ada juga kok sebagian orang yang lebih suka bila dendeng batokok dilumuri dengan sambal balado.

  1. Gulai Itiak

Gulai itiak atau gulai itik merupakan salah satu makanan popular dari Padang. Masakan ini berbahan dasar itik telah dibakar kemudian dibumbui dengan laos, cabai hijau, jahe, kunyit, daun salam, serta daun jeruk.

  1. Gulai Cancang

Gulai cancan bisa dikatakan sebagai salah satu menu wajib yang selalu dihidangkan di rumah makan Padang. Terbuat dari olahan daging yang dicincang kecil-kecil kemudian dijadikan sebuah gulai, biasanya daging yang digunakan beragam bisa daging sapi ataupun daging kambing kadang ditambah juga dengan jeroan.

  1. Sate Padang

Ada dua jenis sate padang yang pertama sate Padang Panjang dan yang kedua adalah sate Padang Pariaman. Meski sama-sama berbahan dasar dari daging sapi serta jeroan, namun ada satu hal yang membedakan antara kedua jenis sate Padang tersebut.

Perbedaannya terletak pada warna kuah bumbu kacang kentalnya. Sate Padang Panjang memiliki kuah yang berwarna kekuningan, sementara Sate Padang Pariaman memiliki kuah yang berwarna kemerahan.

  1. Ikan Asam Padeh

Salah satu menu masakan Padang yang tak kalah lezat dari menu masakan lainnya adalah asam padeh. Asam padeh biasanya dimasak bersama dengan beberapa jenis ikan seperti tongkol ataupun patin. Ikan asam padeh memiliki cita rasa yang asam dan pedas. Maka, tak heran jika menu yang satu ini bisa banget untuk membangkitkan selera makan.