Makanan yang Diataptasi dari Negara Belanda

Wisatakuliner.org, Belanda – Beberapa makanan Indonesia sebenarnya adaptasi dari masakan khas Belanda yang dimodifikasi dengan cita rasa yang masih serupa. Contoh makanan Indonesia yang diadaptasi dari masakan khas Belanda adalah Selat Solo, Kue Cubit, Perkedel, Semur dan Sop Snerek.

Berdasarkan sumber dari Tribun Travel kuliner yang familiar di Indonesia ternyata adaptasi dari masakan khas Belanda.

1. Selat Solo

Makanan ini sebenarnya berawal dari makanan peninggalan Belanda yang menjadi makanan ningrat Keraton Solo. Dilihat dari tampilan makanan ini, Selat solo merupakan bentuk dari variasi bistik lokal Eropa.

Selat Solo berisi daging, telur rebus dan beberapa macam sayuran (kentang, wartel, buncis, selada dan lainnya) yang di siram dengan saus yang encer, manis, dan kaya akan rempah-rempah.

Berbeda dengan bistik Belanda yang cenderung saus yang lebih kental dan didampingi dengan berberapa rebus sayuran.

2. Kue Cubit

Kue yang berbahan dasar tepung terigu, susu, telur dan mentega ini sangat mirip dengan kue yang berasal dari negara Belanda yang bernama Poffertjes.

Selain berbahan dasar yang sama kedua kue ini juga memiliki bentuk yang serupa hanya saja penggunaan topping yang berbeda. Dalam Kue Cubit lebih banyak varian rasa di bandingkan dengan Poffertjes yang hanya menggunakan toping gula halus dan madu.

3. Perkedel

Makanan yang sudah sangat familliar di Indonesia ini ternyata diadaptasi dari negara Belanda (Frikadeller).

Perkedel dan Frikadeller tidak memiliki perbedaan atau cara masak yang berbeda, karena berbahan dasar yang sama yaitu kentang dan daging (ayam, sapi atau lainnya).

4. Semur

Semur adalah makanan yang berkuah dan berbumbu kecep dan berisi potongan daging sapi, daging ayam hingga jengkol.

Kuliner ini juga hampir sama namanya dengan makanan yang bersalah dari negara Belanda Smoor.

Smoor dari belanda dimasak dengan beberapa potongan tomat dan bawang bombay. ada beberapa variasi olahan semur di negara belanda berdasarkan buku serep tertua di Groot Nieuw Oost-Indisch Volledig Kookboek, yang bernama Smoor Ajam I, Ajam Smoor II, Smoor Ajam III, Smoor Bandjar van Kip, Smoor Bantam van Kip, dan Solosche Smoor van Kip.

5.Sop Snerek

Makanan yang sering kita jumpai di daerah Magelang ini juga merupakan adaptasi dari Belanda yang bernama.

Sop Snerek seporsi berisi nasi dan sup kacamg merah, daging ayam atau sapi serta dengan beberapa sayuran seperti wartel, bayam, kentang dan buncis.

Sedangkan Ertwensoep hanya dimasak pada musim dingin oleh warga Belanda untuk menghangatkan tubuh. Sup ini sedikit berbeda dengan Snerek karena isinya kacang polong, daging asap, kuah kaldu, serta sayuran seperti wartel, bawang bombay, kentang dan seledri.