5 Makanan Khas Cirebon yang Menggugah Selera, Awas Ketagihan ya!

Wisatakuliner.org, Cirebon – Setiap kota di seluruh Indonesia pasti mempunyai makanan andalan yang menjadi ciri khas dari kota tersebut, tak terkecuali dengan kota Cirebon. Salah satu kota yang berada di Jawa Barat ini mempunyai banyak sekali makanan yang menjadi ciri khasnya.

Buat kamu pecinta kuliner sejati, wajib mencoba 5 makanan yang paling menggugah selera saat berkunjung ke kota udang ini. Lezatnya bikin kamu ketagihan lho!

  1. Nasi Jamblang

Makanan khas Cirebon yang satu ini mempunyai ciri khusus yaitu dengan bungkus daun jati. Nasi Jamblang tentu berbeda dengan nasi liwet khas Sunda yang dibungkus dengan daun pisang.

Nasi Jamblang ini bisa dinikmati dengan beberapa lauk seperti perkedel, ikan asin, sate kentang, tempe, aneka pepes atau dengan beberapa lauk yang paling khas dengan tumis cumi hitam dan paru goreng yang renyah dan juga gurih.

  1. Nasi Lengko

Selanjutnya ada nasi lengko yang wajib dicoba. Hampir sama dengan nasi pecel, isi dari nasi lengko ini adalah beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, potongan tahu tempe. Kemudian disiram dengan kuah bumbu kacang. Yang menjadi pembeda yaitu nasi lengko ini terasa lebih harum dengan taburan bawang goreng dan daun kucai diatasnya.

  1. Bubur Sop Ayam

Makanan khas Cirebon yang satu ini sedikit unik, jika biasanya bubur untuk sarapan, bubur sop ayam ini justru menjadi kuliner saat malam hari.

Sama dengan bubur biasa, hanya saja bubur sop ayam ini disiram dengan kuah sop yang di dalamnya ada sayuran juga suwiran ayam. Ada juga kol, suun dan irisan tomat sebagai garnish yang menambah penampilannya jadi lebih menarik.

  1. Rujak Kangkung

Berbeda dengan empat makanan lainnya yang merupakan makanan utama, rujak kangkung ini justru bisa menjadi makanan penutup yang segar tapi juga bisa dinikmati dengan nasi hangat.

Sesuai dengan namanya, bahan utama makanan ini adalah kangkung. Sayur kangkung ini direbus kemudian disiram dengan sambal yang sudah dicampur bumbu rujak dengan terasi khas Cirebon.

  1. Empal Gentong

Salah satu kuliner yang satu ini memang sudah menjadi ikon dari Kota Cirebon. Belum lengkap rasanya, jika bertandang ke Cirebon namun belum mencicipi empal gentong. Makanan yang dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat ini mempunyai aroma yang sangat berbeda karena dipanaskan juga menggunakan kayu bakar.

Kuah kuning empal gentong terasa nikmat bila disajikan dalam keadaan panas. Rasanya gurih serta lezat dengan tambahan isian di antaranya adalah daging sapi pilihan atau beberapa jeroan seperti babat, usus, limpa ataupun paru.