7 Variasi Ramuan yang Menyegarkan Tubuh dari Berbagai Negara

Wisatakuliner.org, Dunia – Usai lelah beraktivitas, tentunya banyak cairan tubuh yang hilang. Dan meminum air putih adalah hal tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Akan tetapi, sebagian dari kita pastinya akan memilih minuman yang memiliki rasa. Sebenarnya tidak masalah asalkan minuman yang kita konsumsi tidak hanya sebagai pelepas dahaga saja, tapi juga memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Seperti tujuh ramuan minuman racikan nenek yang akan disebutkan berikut ini. Kenapa dinamakan minuman racikan nenek? Karena keberadaannya telah ada turun temurun dan terbuat dari bahan alami alias herbal. Apa sajakah, Yuk buat!

  1. Shan Zha Cha – China

Mengandung banyak vitamin C, flavonoid dan karoten, minuman racikan nenek asal Tiongkok ini semacam teh yang terbuat dari kombinasi wolfberry, jujube, mawar, lengkeng, krisan, dan cassia.

Shan zha cha memiliki rasa sedikit asam. Meski begitu, minuman ini dapat membuat tidur menjadi lebih nyaman dan mengusir pegal-pegal karena kandungan yang terdapat pada shan zha cha dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Kini, minuman herbal ini tersedia pula dalam kemasan teh celup yang memudahkan untuk disajikan.

  1. Haleeb Ma’hal – Arab

Minuman Timur Tengah yang sederhana namun aroma wanginya dapat menenangkan jiwa usai lelah beraktivitas ini terbuat dari kapulaga bubuk dan susu.

Minuman racikan nenek ini kaya akan kalsium, kalium, riboflavin, niasin, susu, vitamin-C dan magnesium yang berguna sekali sebagai daya tahan tubuh, meminimalisir rasa capek, menghilangkan stres, serta baik bagi sistem pencernaan.

  1. Du Jus De’herbe – Perancis

Kaya vitamin, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium dan seng, minuman racikan nenek ini memiliki manfaat seperti meregenerasi sel, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, mengoksigenasi darah, dan masih ada manfaat lainnya yang dibutuhkan tubuh usai lelah berakivitas.

Minuman ini tak lain adalah jus rumput gandum atau barley yang berasal dari Perancis. Dahulu, minuman ini dibuat dengan cara menumbuk rumput gandum pada alat tradisional.

  1. Champurrado – Spanyol

Biasa diberi tambahan pelengkap seperti telur, oatmeal, vanilla, kayu manis, adas, kacang tanah, atau kulit jeruk, champurrado berbahan utama cokelat dan gula merah.

Minuman ini berasal dari Negeri Matador, Spanyol. Diracik sederhana, champurrado memiliki kandungan baik yang dapat melepaskan neurotransmitter tertentu sehingga membuat pikiran terasa lebih nyaman dan bahagia. Bahkan dapat mengurangi rasa sakit dan stress.

  1. Anijsmelk – Belanda

Memiliki efek relaksasi, meningkatkan kualitas tidur, hingga membantu menyegarkan pikiran, adalah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan usai menikmati minuman racikan nenek asal Belanda, yang bernama anijsmelk.

Setelah membaca berbagai manfaatnya. Minuman ini cocok bukan, sebagai penghangat jiwa usai lelah beraktivitas? Anijsmelk sendiri terbuat dari susu segar, biji adas, dan gula. Minuman herbal ini sering dikonsumsi masyarakat Negeri Kincir angin sebagai minuman musim dingin.

  1. Leng Chee Kang – Malaysia

Berbeda dari lainnya, minuman racikan nenek ini khas Malaysia yang berasal dari peranakan Cina ternyata juga sangat popular di Singapore. Leng cheng kang memiliki isian yang terdiri dari: biji teratai, ginko nuts, lily bulbs, buah kesemek kering, lengkeng, dan biji chia.

Diguyur dengan manisnya sirop lengkeng dan gula batu, leng chee kang masuk dalam daftar minuman herbal yang dapat memulihkan tubuh dari demam, dan bikin tubuh bersemangat kembali usai lelah beraktivitas.

  1. Saraba – Indonesia

Minuman racikan nenek yang pertama ini berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Punya rasa gurih pedas, saraba terbuat dari santan, jahe, gula merah, kayu manis, merica dan daun serai.

Disajikan hangat, secangkir saraba memiliki banyak khasiat yang di antaranya mengusir demam, menjaga stamina tubuh, meredakan batuk, dan berbagai manfaat lainnya.