5 Kuliner Khas Chili Yang Harus Kamu Coba!

Wisatakuliner.org, Chili – Sebagai negara yang berlokasi di Amerika Selatan, Chili mempunyai berbagai sajian kuliner yang khas dan beragam. Kebanyakan hidangan kuliner di Chili juga mendapat pengaruh dari negara lain dari Spanyol dan negara Eropa lainnya seperti Jerman dan Italia.

Letaknya yang bersebelahan dengan laut dan keragaman alam yang dimiliki membuat negara tersebut kaya akan berbagai sumber daya alam baik buah-buahan, sayuran dan hewan laut maupun hewan darat.

Beberapa makanan khas Chili yang wajib kamu coba, apa saja? Yuk ikuti informasi dibawah ini.

1. Guititas

Guititas merupakan sajian kuliner yang sangat populer di Chili dan dianggap sebagai hidangan nasional negara tersebut.

Makanan yang berbentuk sup ini dibuat dengan bahan utama potongan perut sapi. Bagian perut tersebut biasanya dibersihkan terlebih dahulu beberapa kali dalam larutan garam dan lemon, kemudian dimasak dalam waktu yang lama hingga tekstur daging menjadi lembut. Daging tersebut dikombinasikan dengan menggunakan kentang dan peanut butter.

Guititas biasanya disajikan dengan menggunakan nasi, potongan alpukat dan saus pedas. Terdapat pula variasi lain dari sajian ini dimana bagian perut sapi dapat diganti dengan ikan yang mempunyai rasa yang kuat seperti tuna.

2. Charqui

Charqui merupakan daging tanpa lemak yang dipotong dengan cara memanjang dan dikeringkan. Pengeringan tersebut bertujuan untuk mencegah daging mengalami proses pembusukan. Biasanya daging tersebut juga ditambah dengan garam selama proses pengeringan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Daging yang digunakan juga berasal dari berbagai macam hewan seperti sapi dan kambing. Namun belakangan ini berbagai jenis hewan juga digunakan seperti salmon, tuna, kalkun dan rusa.

3. Machas la Parmesana

Makanan yang mempunyai nama lain parmesan machas ini terbuat dari machas yaitu sejenis kerang asin asli yang berasal dari Chili. Kerang-kerang tersebut kemudian ditambahkan dengan berbagai macam topping seperti garam, mentega dan keju parmesan. Hidangan tersebut lalu dipanggang hingga keju yang berada di atasnya meleleh dan sebaiknya segera sajikan sesaat setelajh matang.

4. Caldillo de congrio

Makanan ini terbuat dari ikan belut yang berwarna kemerahan yang sering ditemui di lautan Chili. Belut kemudian dipotong dan direbus sehingga menghasilkan kaldu yang beraroma. Rebusan tersebut kemudian dicampur dengan bawang putih, bawang merah, wortel, tomat dan paprika. Dapat pula ditambahkan dengan krim untuk membuat kuah sup menjadi lebih kental. Sup ini biasanya bisa juga ditambah dengan ketumbar, parsley dan daun bawang lalu disajikan dengan menggunakan roti yang bertekstur keras.

5. Ensalada chilena

Salad tradisional yang berasal dari Chili ini terdiri dari irisan utama tomat, bawang dan paprika kemudian dicampur dengan ketumbar dan minyak zaitun. Untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya, terkadang bisa ditambahkan lada ke dalam salad. Salad Chili sangat umum ditemukan sebagai pelengkap dari hidangan lainnya seperti ayam panggang, ikan dan empanada.

Inilah beberapa hidangan lezat yang dapat kamu coba dari Chili yang harus kamu coba. Mana favoritmu?