5 Tempat Wisata Kuliner Legendaris Khas Kediri, Semuanya Bikin Ngiler!

Wisatakuliner.org, Kediri – Kota Kediri, beberapa orang mungkin kurang familiar akan kota ini. Walaupun demikian, Kediri sebenarnya sangat terkenal akan tahu-nya, hingga akhirnya dijuluki, “kota tahu”.

Selain tahu, Kediri juga memiliki beberapa kuliner legendaris yang membuat kuliner kota ini semakin beragam, seperti wisata kuliner berikut ini.

  1. Soto Podjok

Bicara tentang soto, Kediri juga memiliki khas soto-nya yang tak kalah dari tempat-tempat lain. Salah satunya adalah Soto Podjok. Warung ini telah berdiri sejak tahun 1926, dan tetap menjadi favorit banyak orang. Buktinya, warung ini jarang sekali sepi pengunjung, terutama saat jam makan.

Selain soto, ada juga menu tambahan seperti tahu goreng, kulit goreng, rempela ati, brutu, dan uritan.

Alamat: Jl. Dhoho No.146, Kediri.
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 16.00.

  1. Depot Wilis

Setelah makan soto di Jalan Dhoho, kalian hanya perlu lurus sedikit ke Jalan Panglima Sudirman untuk menemukan Depot Wilis.

Berbeda dengan Warung Soto Podjok yang hanya memiliki soto sebagai menu utamanya, Depot Wilis memiliki beragam menu masakan Indonesia, seperti nasi rawon, sup buntut, nasi campur, iga penyet, lontong cap go me, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kalian yang vegetarian, Depot Wilis juga memiliki menu yang cocok seperti gado-gado dan nasi pecel. Lengkap deh!

Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Kediri.
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.30 – 08.30.

  1. Soto Ayam Bok Ijo

Kuliner Soto Ayam Bok Ijo memang telah ada sejak tahun 1969. Awalnya, soto ini dijual disekitar jembatan hijau, sehingga akhirnya disebut sebagai Soto Bok Ijo oleh warga Kediri.

Seiring berjalannya waktu, soto legendaris ini pindah di Sentra Soto Ayam Bok Ijo yang terletak di sebelah timur Terminal Tamanan Kediri. Sebagai teman makan soto, biasanya penjual juga menyediakan menu ayam bakar, uritan, ati empela, dan sate telur puyuh.

Alamat: Sentra Soto Ayam Bok Ijo Blok 4, Jl. Dr. Sahardjo, Kediri.
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 01.00.

  1. Sate Ayam Ponorogo Pak Siboen

Tak jauh dari Depot Wilis, ada lagi nih rumah makan legendaris yang tak boleh kalian lewatkan, yaitu Sate Ayam Ponorogo Pak Siboen.

Dikenal sejak tahun 1937, sate ayam Pak Siboen memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut sehingga membuatnya berbeda dengan sate di tempat lain. Jadi, sangat wajar jika sampai sekarang para pelanggan masih setia pada rumah makan ini.

Alamat: Jl. Panglima Sudirman No.134, Kediri.
Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam.

  1. Bakso Campur & Pangsit Mie Manalagi

Ini dia yang ditunggu-tunggu penggemar bakso! Eits, berbeda dengan biasanya, bakso disini adalah bakso campur. Jadi, dalam satu mangkuk akan ada beberapa jenis bakso, seperti bakso sapi, bakso ikan, bakso udang, hingga bakso tahu.

Selain itu, ada juga beragam pangsit mie ala depot Manalagi yang cocok menjadi teman makan bakso!

Alamat: Jl. Pattimura No.29, Kediri.
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00.