5 Cemilan Khas Makassar yang Cocok Buat Teman Minum Kopi

Wisatakuliner, Makassar – Makassar menjadi salah satu kota yang menawarkan kuliner terbaik di Tanah Air. Saking enaknya, beberapa makanan khas daerah ini terkenal bahkan sampai luar Pulau Sulawesi.

Sebut saja es pisang ijo dan coto makassar yang menggugah selera. Selain dua makanan itu, ada loh kudapan enak khas Makassar yang manis dan cocok untuk santai dirumah bersama keluarga. Penasaran, Apa sajakah?

  1. Pisang Epe

Pisang epe merupakan salah satu kuliner Makassar dengan bahan dasar pisang raja. Pisang tersebut dijepit supaya bentuknya berubah menjadi pipih untuk kemudian dibakar.

Agar terasa lebih mantap, pisang epe biasanya disajikan dengan cairan yang terbuat dari gula merah. Seiring perkembangan zaman, saat ini pisang epe tersedia dalam berbagai varian rasa yang lebih menggoda, seperti cokelat, keju, durian dan lain-lain. Pisang epe banyak dijual di kawasan pantai Losari.

  1. Jalangkote

Jika diperhatikan, sekilas jalangkote memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan pastel. Perbedaannya terletak pada kulitnya.

Kulit jalangkote dibuat lebih tebal. Jalangkote biasanya berisi irisan kentang, wortel, telur, tauge, bihun, daging sapi dan daging ayam. Supaya lebih nikmat, jalangkote biasanya disajikan dengan sambal cair yang pedas.

  1. Katri Sala

Katri sala dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula merah, santan, dan telur. Katri sala memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang legit.

Tahukah kamu, katri sala merupakan salah satu makanan yang wajib ada di dalam acara pernikahan adat Bugis.

  1. Roko-roko Unti

Bahan utama pembuatan roko-roko unti adalah buah pisang. Kemudian buah pisang tersebut diberi adonan tepung hingga menghasilkan tekstur yang lembut saat dimakan.

  1. Apang Parraggi

Apang paranggi merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang terbuat dari perpaduan gula merah dan bumbu spekuk. Apang paranggi banyak ditemukan di pasar tradisional. Supaya lebih nikmat, apang paranggi biasanya dinikmati dengan secangkir teh hangat.