5 Makanan Tradisional Khas Sumatera Utara yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!

Wisatakunier, Medan – Kuliner Medan terkenal hingga ke nusantara. Jika mau ke Medan, biasanya wisatawan mencari kuliner yang menarik dengan ciri khas dengan kelezatannya makanan untuk menjadikan buah tangan dari kota Medan.

Adapun beberapa ragam camilan khas Medan yang tradisional sangat nikmat dimakan saat sedang santai. Apalagi jika dipadukan dengan makanan lain. Seperti Lemang dengan durian dan beberapa makanan lainnya seperti berikut.

  1. Lemang

Lemang adalah makanan yang sudah tidak asing di Medan. Makanan ini dibuat oleh suku Melayu. Lemang sendiri terbuat dari beras ketan yang telah dicampur dengan santan dengan proses memasaknya menggunakan bambu. Lemang bisa langsung dimakan atau diberi saus atau selai yang terbuat dari durian yang merupakan buah khas Sumatera Utara juga.

Rasa lemang original tanpa tambahan adalah rasa asin gurih karena ada santan yang di dalam beras ketan, bahkan kamu bisa menambahkan sedikir garam dalam proses pemasakannya agar lemangnya semakin gurih.

  1. Ombus – ombus

Kue ini juga merupakan kue tradisional suku Batak yang berasal dari daerah Siborong-borong. Kue ini hampir sama dengan lappet cara memasaknya pun sama, yaitu dikukus. Bedanya dengan lappet adalah kue ini terbuat dari campuran tepung beras dengan gula merah. Untuk hasil akhirnya berbentuk bulat dan tidak dibungkus dengan daun pisang seperti lappet.

Ombus-ombus sendiri berasal dari bahasa batak yang berarti “embus”, karena ombus-ombus disajikan pada keadaan panas yang harus diembus-embus dahulu sebelum memakannya.

  1. Bika Ambon

Kamu pasti sudah kenal dong dengan kue satu ini. Jangan salah ya, bika ambon bukan dari Ambon tapi dari Medan, Sumatera Utara. Kue yang mempunyai rasa manis dengan tekstur yang kenyal ini memang juaranya kue manis di Medan nih. Kue dengan warna kuning dan berlubang-lubang ini berbahan dasar tepung sagu lho.

Nah, tidak susah sekarang untuk mencari bika ambon khas Medan, karena sudah tersebar di seluruh Sumatera Utara, bahkan Indonesia. Kelezatnya sekali makan bika ambon dijamin ketagihan!

  1. Sasagun

Kue ini merupakan kue dari daerah Tapanuli Selatan. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa dan dicampur dengan gula merah. Sasagun sendiri tidak dimasak dengan kompor melainkan dimasukkan ke dalam kulkas dan dibiarkan hingga mengeras. Kue ini sering ada di dalam acara lamaran karena kue ini memilki arti bahwa pihak pria benar-benar serius untuk melamar kekasihnya dengan rasa hormat dan cintanya.

  1. Kue Putu Bambu

Kue putu bambu ini sangat gampang untuk kamu jumpai di mana saja. Kue putu dibuat dari adonan tepung beras dan kelapa yang diisi gula merah, kemudian dimasukkan ke dalam potongan bambu untuk dikukus. Uap yang tercipta dari potongan bambu tersebut akan memngeluarkan suara khas dan akan mengeluarkan aroma putu bambu.

Kemudian, setelah putu bambu masak akan ditaburi topping kelapa parut dan gula pasir, yang pastinya akan menambah kenikmatan putu bambu ini. Banyak yang bingung bedanya kue putu asal Medan dengan kue putu asal Jawa. Bedanya kue putu asal Medan berwarna putih, dan kue putu asal Jawa berwarna hijau.