7 Jenis Gorengan Jepang Yang Populer di Indonesia, Pernah Coba?

wisatakuliner.org – Siapa yang bilang hanya Indonesia yang punya banyak menu gorengan? Negeri Sakura Jepang juga punya beragam jenis gorengan loh!

Bagi kamu yang sering datang ke restoran Jepang tentunya tidak akan asing lagi dengan beberapa gorengan yang cukup enak ini! Ragam gorengan jepang dapat kamu ditemui di Indonesia, jadi tidak usah jauh-jauh ke Jepang lagi! Penasaran seperti apa gorengannya? Yuk ikuti ulasan dibawah ini!

1. Katsu

Katsu merupakan hidangan yang cukup populer salah satunya di Indonesia. Katsu sendiri terbuat dari daging tanpa tulang yang dibalur dengan tepung roti kemudian di goreng. Biasanya hidangan ini disajikan dengan menggunakan aneka saus dan juga salad segar yang terdiri dari irisan kol dan wortel. Namun jika ditinjau dari negara asalnya, makanan ini bukan hanya terbuat dari daging ayam saja, tetapi juga terbuat dari daging sapi dan daging babi.

2. Tempura

Jika kamu berpikir tempura yang dimaksud adalah tempura yang biasa kamu temui di toko frozen food, kamu salah besar. Tempura khas Jepang bisa terbuat dari apa saja mulai dari fillet ayam, ikan, udang bahkan sayuran seperti buncis, terong, bayam, brokoli hingga jamur. Bahan-bahan tadi dicelupkan kedalam campuran tepung terigu, telur dan air kemudian digoreng hingga berwarna kuning muda.

3. Ebi furai

Menu yang satu ini mempunyai cukup banyak penggemar di Indonesia. Meski sekilas terlihat mirip dengan ebi tempura namun ebi furai memiliki perbedaan loh! Bedanya terletak pada adonan pelapis.

Jika ebi tempura hanya menggunakan pelapis dari tepung terigu dan air, berbeda dengan ebi furai memiliki pelapis yang sama dengan katsu yaitu menggunakan tepung roti. Ciri khas lain ebi furai adalah hasil setelah digoreng akan berbentuk lurus panjang.

4. Ekkado

Bentuk ekkado yang unik membuat gorengan yang satu ini dipilih sebagai bekal makanan. Ekkado terbuat dari kembang tahu yang diisi dengan daging dan telur puyuh, lalu di tengahnya kemudian diikat menyerupai kantong.

Setelah dibungkus dan diikat menyerupai kantong, ekkado lantas dikukus. Setala dikukus barulah ekkado digoreng hingga berwarna kuning keemasan.

5. Karaage

Jika selama ini kamu mengira karaage merupakan sejenis ayam crispy, ternyata kamu salah. Meski karaage kebanyakan terbuat dari daging ayam tanpa tulang, namun karaage juga bisa dibuat dari bahan lain seperti cumi ataupun ikan.

Sebetulnya karaage sendiri mengarah kepada teknik pemasakannya di mana daging tanpa tulang diberi pelapis tepung crispy, lalu digoreng dengan minyak melimpah atau dikenal dengan deep fry.

6. Chicken egg roll

Bila kamu pernah menyambangi salah satu fast food kenamaan yang menyajikan menu masakan Jepang, tentu kamu sudah tidak asing dengan gorengan yang satu ini. Chicken egg roll terbuat dari gilingan daging yang dibalut kedalam telur dadar dan digulung kemudian dikukus. Setelah itu dipotong-potong dan digoreng hingga kuning keemasan.

7. Kakiage

Apabila dilihat sekilas, gorengan yang satu ini mirip sekali dengan bakwan khas Indonesia, namanya kakiage.

Meski bernama kakiage bukan berarti gorengan ini terbuat dari kaki ya. Kakiage terdiri dari beragam bahan mulai dari seafood hingga sayuran hingga sayuran yang dicampur dengan adonan yang sama seperti adonan tempura.

Cara menggorengnya pun bisa dibilang cukup unik yaitu adonan kakiage yang diletakkan di dalam sendok besar seperti sendok sayur dicelupkan ke dalam minyak barulah setelah beberapa detik dilepaskan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar adonan kakiage tidak pecah.