5 Olahan Kacang Khas Indonesia yang Rasa Manis Dijamin Bikin Nagih di Lidah!

Wisatakuliner.org – Kacang merupakan salah satu favorit utama yang ada di Indonesia. Kacang sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Cocok dengan iklim Indonesia yang tropis, kacang banyak tumbuh subur di Indonesia.

Tak hanya direbus dan digoreng, kacang diolah menjadi makanan lezat yang punya rasa manis menggigit. Berikut 5 olahan kacang khas Indonesia yang wajib kamu coba, dijamin bikin nagih rasanya!

  1. Ampyang Kacang

Ampyang merupakan jajanan khas dari Jawa Tengah. Makanan yang berbahan dasar kacang tanah ini diberi adonan gula jawa dan dibentuk menjadi bulat-bulatan kecil pipih. Punya rasa manis menggigit, ampyang atau gula kacang diminati banyak orang dari berbagai kalangan usia.

  1. Kacang Halua

Berbeda dari halua langkat yang terbuat dari buah buahan, halua khas Ternate dibuat dari kacang kenari atau kacang tanah. Kacang kenari atau kacang tanah dipanggang lalu dimasukkan ke dalam adonan gula dan dibentuk bulat juga bisa bentuk lain sesuai selera pembuatnya. Selain manis dan enak, halua ternyata memiliki manfaat mencegah penyakit kanker.

  1. Enting – Enting Gepuk

Enting enting gepuk merupakan salah satu olahan kacang, gula pasir, air dan essens yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk halus, membuat enting-enting gepuk mudah dinikmati oleh semua kalangan usia.

  1. Geti Wijen Kacang

Geti wijen kacang adalah salah satu camilan manis gurih yang berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Memiliki bentuk panjang dan pipih, geti diolah dari kacang atau wijen yang disangrai lalu ditumbuk halus dan dicampur dengan gula dan jahe.

Aroma khas jahe yang berpadu manisnya gula dan gurihnya kacang wijen, membuat makanan ini jadi favorit masyarakat Wonogiri dan banyak menjadi buruan wisatawan.

  1. Jipang Kacang

 

Mirip dengan ampyang, makanan khas Kebumen, Jawa Tengah ini diolah dari kacang tanah yang diberi adonan gula aren atau gulajawa. Namun dalam membuat jipang, kacang yang digunakan harus ditumbuk terlebih dahulu.

Beda dengan ampyang yang memiliki bentuk bulat pipih, bentuk jipang dibuat kotak memanjang. Rasa lezat, manis, dan gurih Jipang sangat cocok dijadikan camilan minum teh atau kopi.