7 Camilan Kriuk Khas Jateng yang Gurih dan Enak Bikin Ketagihan!

Wisatakuliner.org, Jateng – Saat bersantai, memanfaatkan waktu untuk melakukan aktivitas yang disukai, memanjakan lidah dengan menyantap makanan ringan, pastinya bikin waktu kalian jadi makin menyenangkan.

Karena itulah ada tujuh rekomendasi camilan kriuk asal Jawa Tengah yang rasanya gak kalah enak dan pengen coba mencicipi. Meski rasa lokal, dijamin bisa bikin kalian ketagihan!

  1. Emping Jagung

Jadi oleh-oleh khas Purwodadi, emping jagung menggunakan jagung yang punya biji besar sebagai bahan utamanya yang kemudian dipipihkan dengan menggunakan alat.

Prosesnya sama seperti membuat kerupuk yang harus dijemur di bawah terik matahari, kemudian digoreng. Supaya kriuk dan tidak lembek, ada tambahan penggunaan air kapur pada saat proses.

  1. Capret

Main ke Pekalongan, kamu mesti bawa pulang oleh-oleh berupa camilan kriuk yang bernama capret. Punya bentuk bulat pipih, capret terbuat dari adonan tepung kanji dan bumbu.

Untuk melengkapi enaknya, camilan kriuk ini biasanya ditambahkan dengan bumbu bubuk perasa seperti pedas, asin, atau balado.

  1. Carang Madu

Meski penyajian akhirnya hampir serupa dengan pembuatan intip yang mana dikucurkan dengan saus terbuat dari gula merah.

Camilan kriuk asal Jepara ini menggabungkan beragam tepung mulai dari tepung ketan, tepung tapioka, dan tepung beras yang diolah bersama santan beserta telur. Cara memasaknya dibuat renggang seperti sarang madu.

  1. Keripik Paru

Keripik paru menggunakan irisan paru sapi sebagai bahan utamanya yang diolah dengan bumbu. Sebelum digoreng dengan adonan tepung, irisan paru melalui proses pemanggangan dioven terlebih dahulu supaya empuk dan kriuk luar dalam saat disajikan kepada para penikmatnya.

  1. Balung Kethek

Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, balung kethek berarti tulang monyet. Tapi camilan kriuk yang populer di kota Solo ini terbuat dari singkong yang diiris tipis panjang.

Usai dijemur, irisan singkong dimasak bersama bumbu, gula jawa, garam, cabai, dan penyedap rasa hingga semua permukaan singkong berubah berwarna cokelat dan sedikit lengket.

  1. Slondok

Si gurih yang populer di Magelang ini terbuat dari singkong yang ditumbuk hingga halus, dan diolah dengan bumbu. Slondok memiliki dua bentuk penyajian yaitu berbentuk pipih panjang dan ada pula yang dibentuk layaknya cincin kemudian dirangkai pada tali tipis yang terbuat dari pangkasan bambu.

Slondok jenis terakhir sering disebut pula slondok renteng. Mulanya, slondok mengandalkan rasa original. Kini, slondok ada yang dibalut juga dengan bubuk cabai supaya memuaskan lidah pencinta makanan pedas.

  1. Ogel – Ogel

Punya bentuk panjang seperti ulat, camilan kriuk ini berasal dari Pemalang. Jika kalian sedang pelesiran ke Pemalang, jangan lupa menyantap semangkuk nasi grombyang bersama ogel-ogel.

Ogel-ogel terbuat dari tepung beras ketan, gula, garam, keju, dan bumbu lainnya. Gurihnya nampol banget di lidah.