7 Minuman Segar Untuk Menu Bulan Suci Ramadhan, Bikin Adem Tenggorokan

Wisatakuliner.org – Tak terasa bulan Ramadhan atau biasa disebut bulan puasa segera tiba. Bagi umat muslim, puasa merupakan bulan penuh berkah dan bertabur pahala. Untuk menyambut bulan puasa ini, mungkin kamu akan berpikir cara membuat bermacam-macam menu minuman untuk sahur dan berbuka puasa.

Tak ketinggalan, minuman segar untuk melegakan dahaga ketika berbuka pun sudah terpikirkan. Lantas, minuman apa saja yang cocok dan sering jadi favorit masyarakat ketika berbuka puasa? Yuk, simak apa saja!

  1. Sup Buah

Sup buah merupakan menu favorit masyarakat di Indonesia. Sup buah dibuat dari campuran beberapa buah seperti melon, pepaya, semangka, kiwi, avokad, buah naga dan jeruk. Cara pembuatannya pun sederhana.

Yaitu siapkan buah-buahan sesuai selera, air, susu kental manis, dan sirop rasa stroberi. Lalu campurkan buah-buahan yang telah dipotong ke dalam susu, sirop dan air. Sup buah siap disantap.

  1. Es Dawet

Es dawet atau bisa disebut es cendol juga merupakan salah satu menu favorit buka puasa. Bahan utama es dawet yaitu tepung beras dan hunkwe. Es dawet biasanya diberi pewarna berwarna hijau. Sedangkan kuahnya berasal dari santan dan air hasil rebusan daun pandan.

Jika Anda menyukai rasa manis, maka bisa ditambahkan gula merah cair atau gula jawa cair sesuai selera. Mau coba kan?

  1. Es Selendang Mayang

Bagi Anda yang bukan warga Jakarta, pasti masih asing dengan es selendang mayang. Apa itu? Es selendang mayang merupakan minuman tradisional asal Jakarta yang terbuat dari bahan dasar tepung hunkwe lalu dicampur dengan air dan sagu tani.

Adonan tepung tersebut diberi pewarna hijau dan merah. Sedangkan kuahnya berasal dari air rebusan daun pandan, santan dan gula merah. Penasaran kan? Anda bisa coba membuat sendiri untuk berbuka jika berada di luar Jakarta.

  1. Es Kacang Hijau

Siapa yang tak kenal kacang hijau? Kacang hijau sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Cara pembuatan es kacang hijau pun sangat mudah. Anda hanya perlu merendam kacang hijau mentah dalam air hangat sampai mengembang.

Lalu kuah es kacang hijau dapat dibuat dari air rebusan pandan, gula merah dan santan. Cukup mudah membuatnya bukan?

  1. Es Buah Selasih

Belum pernah mencoba es buah selasih? Tak perlu khawatir karena Anda bisa membuat es tersebut untuk berbuka puasa. Cara pembuatannya sangat mudah seperti es kacang hijau. Biji selasih direndam dalam air hangat sampai mengembang.

Kemudian siapkan kuah dengan cara mencampurkan air dengan sirop rasa melon. Anda juga bisa menambahkan nata de coco dan potongan buah melon agar terlihat lebih menarik.

  1. Es Kopyor

Es kopyor terbuat dari daging buah kelapa yang diserut. Jika terlalu susah menemukan buah kelapa, maka Anda dapat membuat serutan kelapa imitasi. Bagaimana caranya? Anda dapat menggantinya dengan agar-agar tanpa warna yang dipotong dadu atau diserut.

Sedangkan kuah es kopyor bisa dibuat dengan campuran air dan sirup cocopandan. Jangan lupa tambahkan es batu untuk menyegarkan dahaga.

  1. Es Kolak Pisang

Siapa yang tak mengenal es kolak pisang yang sudah menjadi favorit takjil selama Ramadan? Anda hanya perlu menggunakan pisang gepok, kolang-kaling dan ubi kuning untuk membuatnya di rumah.

Sementara kuahnya, Anda hanya perlu menyediakan air, santan, sedikit tepung maizena dan gula merah. Kolak pisang dapat diminum dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.