5 Resep Olahan Kurma Cocok Untuk Ramadhan, Yuk Bikin Sendiri di Rumah!

Wisatakuliner.org – Sebentar lagi, seluruh umat Muslim dunia akan menyambut bulan Ramadhan. Nah, menu olahan Kurma menjadi salah satu makanan yang wajib hadir selama Ramadan. Tak hanya enak, kurma juga mengandung gizi baik untuk tubuh, seperti gula, serat, karbohidrat, protein, dan lain-lain.

Kandungan tersebut bisa menambah energi dan menguatkan tulang selama menjalankan ibadah puasa.  Ternyata gak cuman enak disantap begitu aja, kurma juga dikenal enak untuk dijadikan campuran dalam aneka makanan dan minuman.

Kamu tertarik buat berkreasi dengan buah hitam manis yang satu ini? Nih ada 5 resep simple-lezat kreasi kurma yang bisa kamu buat sendiri dirumah untuk bulan suci ramadhan ini. Simak yuk artikelnya berikut ini!

 

  1. Puding Roti Kurma

Bahan-bahan:

  • 6 lembar roti tawar dengan pinggiran kulit
  • 3 sdm mentega
  • 2 butir telur ayam
  • 5 sdm madu
  • 220 ml susu cair coklat
  • 1 sdt esens vanilla
  • 10 butir buah kurma, hilangkan bijinya lalu potong kotak

 

Cara membuat:

  1. Kocok merata telur, madu dan esens vanilla. Lalu tambahkan susu coklat. Sisihkan.
  2. Potong-potong dadu roti tawar, kemudian tata dalam loyang atau mangkok tahan panas. Sementara itu panaskan kukusan.
  3. Cairkan mentega lalu siram merata ke atas potongan roti tawar.
  4. Siram roti tawar dengan kuah susu hingga roti terendam.
  5. Taburi dengan potongan buah kurma.
  6. Kukus puding kira-kira 15-20 menit. Angkat dan dinginkan.
  7. Simpan puding dalam lemari es, sajikan dalam keadaan dingin.

  1. Goreng Pisang Kurma

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang raja matang
  • 10 buah kurma, iris kotak
  • 1 bungkus tepung bumbu goreng pisang instan rasa vanilla
  • air es secukupnya
  • keju untuk taburan
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Haluskan pisang raja hingga menjadi pasta. Sisihkan
  2. Dalam mangkok, campur tepung bumbu pisang goreng dan air es. Aduk hingga menjadi adonan dengan kekentalan yang pas (tidak terlalu cair apalagi menggumpal)
  3. Masukkan irisan kurma dan pasta pisang ke dalam adonan tepung. Aduk rata.
  4. Panaskan minyak. Goreng pisang-kurma hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  5. Taburi pisang kurma goreng dengam keju parut. Siap disajikan deh.

  1. Kurma Salut Coklat Isi

Bahan-bahan:

  • 20 buah kurma, hilangkan bijinya
  • 250 gram cokelat pekat, cairkan dengan 1 sdm mentega tawar
  • 20 buah kacang mede utuh, goreng atau sangrai dulu yak
  • Secukupnya meses untuk taburan

Cara membuat:

  1. Masukkan kacang mede ke dalam buah kurma sebagai ganti bijinya
  2. Celupkan buah kurma isi mede ke dalam cokelat pekat yang udah dicairkan
  3. Taburi dengan meses atau hias sesuai selera
  4. Biarkan coklat hingga beku, simpan dalam toples dan masukan ke lemari es agar lebih awet.

  1. Sirup Kurma

Bahan-bahan:

  • 30 buah kurma, buang isinya
  • 1500 ml air mineral

Cara membuat:

  1. Rebus buah kurma dengan 1000 ml air. Gunakan api kecil aja, rebus kira-kira 1 jam. Lalu saring.
  2. Dengan sisa air (500 ml) rebus kembali sisa kurma yang barusan disaring. Selama 30 menit, masih dengan api kecil ya.
  3. Saring kembali rebusan barusan. Sisihkan
  4. Campurkan rebusan pertama dan kedua dalam wadah. Rebus lagi dengan api kecil, kurang lebih 30 menit sampai mengental. Jadi deh, simpan dalam botol kaca dan tutup rapat agar lebih awet.

  1. Es Kepal Sirup Kurma

Bahan-bahan:

  • Es batu yang diserup/ditumbuk halus
  • 20 sdm sirup kurma
  • 7 buah kurma, rajang kasar
  • Susu bubuk vanilla untuk taburan

Cara membuat:

  1. Kepal es serut dengan ukuran sesuai selera. Letakkan dalam mangkok ya
  2. Siram es kepal dengan sirup kurma hingga merata
  3. Beri kurma potong dan taburi dengan susu bubuk. Taraa siap disantap deh. Aaah, seger banget pastinya!