7 Jajanan Tradisional Khas Sumatera, Lezatnya Bikin Ketagihan!

Wisatakuliner.org, Sumatera – Pulau Sumatera merupakan pulau besar di barat Indonesia. pulau ini terkenal dengan beragam rempah dan citarasa pedas. Seperti rendang, mie aceh, hingga asam padeh. Soal jajanan tradisional selama ini, pempek unggul sebagai jajanan yang populer dari Palembang. Tidak ketinggalan juga masih banyak jajanan khas dari berbagai nusantara yang tak kalah lezat dan wajib dicoba kalau anda berkunjung ke sana. Apa saja? Yuk, simak 7 daftar jajanan tradisional yang bisa anda coba.

  1. Kue Lampet Ombus

Kue berbentuk Limas dan di bungkus daun pisang ini merupakan jajan Tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Camilan ini bisa dibilang wajib untuk orang Batak. Entah saat arisan, hajatan, hingga perkawinan. Rasa kue yang enak serta lembut di lidah membuat kita ingin terus memakannya. Apalagi ditambah isian gula merah yang meleleh di mulut menambah citrasa nikmatnya kue lapet ini.

  1. Roti Canai

Roti canai pada awalnya berasal dari dataran India yang kemudian berkembang hingga ke Aceh-Singapura. Roti canai berbentuk pipih sama seperti roti prata khas Timur Tengah. Bedanya, tekstur roti prata lebih tipis dan kering serta roti canai bisa dihidangkan bersama parutan kelapa sebagai pengganti selai agar lebih nikmat.

  1. Keukarah

Kue sarang burung ini merupakan jajanan asli dari Aceh. Rasanya yang renyah dan manis membuat lidah siapa pun gemar mencicipinya. Keukarah dibuat dari tepung beras yang dicampur air dan gula kemudian dibentuk seperti sarang burung dengan cetakan tertentu. Keukarah dapat kamu temukan dengan mudah di Sumatera karena keukurah merupakan jajanan favorit masyarakat Sumatera khususnya Aceh.

  1. Lamang Tapai

Bicara tentang Sumatera Barat seakan tidak ada habisnya nih. Jajanan tradisional yang memang wajib banget dicicipi berikutnya adalah lamang tapai. Lamang tapai adalah jajanan pasar tradisional yang terbuat dari beras ketan dan saat dimasak menggunakan medium bambu dan disajikan bersama dengan tape atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan tape ketan hitam.

  1. Sala Launak

Sala lauak adalah kuliner tradisional Minangkabau yang berupa gorengan. Biasanya menjadi camilan maupun pelengkap makanan yang memiliki bentuk seperti bola dan berwarna kuning kecoklatan. Ukurannya sebesar bola pimpong atau ukuran bola kelereng besar maupun berukuran kecil .Kamu bisa menemui makanan Sala Lauak di pasar Tradisional saat ke Sumatera.

  1. Kue Sapik

Kue sapik merupakan jajanan khas Sumatera Barat. Bentuknya seperti semprong tapi tidak di gulung. Makanan ini terbuat dari tepung beras, santan, dan bubuk kulit kayu manis yang membuat rasanya gurih serta renyah saat di makan.

  1. Kacimuih

Makanan ini berasal dari Sumatera Barat.Kacimuih terbuat dari singkong yang dicampur dengan kelapa parut serta taburan gula di atasnya yang membuat rasanya semakin gurih.