10 Kue Tradisional Khas Sunda yang Masih Eksis, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Wisatakuliner.org, Sunda – Setiap daerah memiliki kue tradisional yang khas, termasuk Jawa Barat. Tak jarang beberapa dari kue tersebut dijadikan buah tangan oleh wisatawan yang berkunjung ke tanah Parahyangan. Nah, meskipun terkesan tradisional, 10 kue tradisional khas Sunda ini masih ada sampai sekarang dan menjadi primadona di masyarakat Jawa Barat. Cocok ┬ádijadikan Cemilan untuk kamu berbuka puasa bersama keluarga. penasaran? Yuk, simak di bawah ini

Kue Gemblong

Terbuat dari tepung beras ketan, lalu dilumuri oleh gula merah, bentuknya kebanyakan bulat lonjong. Perpaduan citarasa gurih di dalam dengan manis gula merah di lapisan paling luar membuat kue tradisional ini tetap disukai oleh masyarakat.

Kue Jalabria

Terbuat dari ketan hitam dengan bentuk menyerupai donat yang bolong dibagian tengah, lalu dilumuri oleh gula putih kering. Cocok juga untuk takjil buka puasa.

Nagasari

Terbuat dari tepung beras dengan isi pisang lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Enak disantap dengan teh tawar di pagi hari loh.

Keremes

Kue kremes sering disebut juga kue sarang burung. Terbuat dari ubi dan gula merah, dibuat dengan cara digoreng, teksturnya sangat renyah dan gurih.

Bugis

Sama halnya dengan nagasari, bugis terbuat dari tepung beras, hanya saja isinya adalah kelapa serut dengan campuran gula lalu dikukus.

Katimus

Terbuat dari singkong dan gula merah yang direbus dan dibungkus dengan daun pisang dengan bentuk lonjong. Katimus manis ini kerap menjadi suguhan saat acara syukuran dan acara adat.

Misro

Terbuat dari singkong dengan isi gula merah dengan cara digoreng. Biasanya ditambahkan kelapa dalam adonan agar lebih gurih.

Combro

Sama dengan misro, bedanya combro ini isinya oncom dan cabe. Rasa yang khas renyah pedas sangat menggoda lidah.

Burayot

Burayot berasal dari bahasa sunda yang berarti kue yang bentuknya menggelantung. Terbuat dari terigu dan kacang merah, lalu dicampur gula merah dan gula putih, dengan cara buatnya digoreng.

Ali Agrem

Terbuat dari tepung beras dan gula merah, bentuknya seperti donat dengan bolong ditegah dibuat dengan cara digoreng.