7 Kreasi Kolak Cocok Untuk Menu Takjil Buka Puasa, Lezatnya Menggugah Selera

Wisatakuliner.org – Antuasiasme umat Islam menyambut bulan yang satu ini semakin terasa kental dengan beragam pilihan ide untuk menu sahur hingga menu berbuka, nih. Khusunya di Indonesia, salah satu santapan berbuka puasa yang lazim dihidangkan adalah kolak.

Kolak itu sendiri ternyata juga memiliki beberapa varian, lho. Mulai dari yang paling umum seperti kolak pisang hingga kreasi baru seperti kolak durian. Nah, kolak mana nih yang akan kamu sajikan sebagai takjil?

Kolak Pisang

Varian kolak yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi disantap ketika berbuka, ya. Pisang yang mulanya direbus kemudian dipadukan dengan santan dan gula aren serta berbagai bumbu yang semakin menyedapkan rasanya.

Kolak Labu Kuning

Labu kuning agaknya termasuk bahan yang lazim digunakan untuk aneka resep, nih. Mulai dari bolu, gapit, bahkan kolak. Rasa manisnya pas sekali dipadukan dengan beragam bahan lainnya seperti santan, gula merah, gula pasir, garam, hingga daun pandan yang semakin membuat aroma kolak tersebut menjadi begitu menggugah selera.

Kolak Biji Salak

Disebut ‘biji salak’ sebab bentuknya yang bulat lonjong menyerupai biji salak. Bahan utama dalam mengolah kolak biji salak ini adalah adalah ubi jalar (terutama ubi jalar kuning atau putih) yang dicampurkan dengan beberapa bahan lain untuk dibentuk menjadi adonan berupa bulat lonjong menyerupai biji salak. ‘Biji salak’ tersebut direbus dalam air hingga mengapung, lalu ditiriskan, kemudian kuahnya dituangkan ke dalam mangkok yang sudah diisi biji salak tersebut.

Kolak Durian

Kolak yang satu ini akan semakin sedap jika dipadukan pula dengan ketan kukus yang legit, nih. Sedangkan untuk kuahnya sendiri diolah sebagaimana membuat kolak pada umumnya.

Kolak Singkong

Selain diolah menjadi keripik dan gorengan, Singkong juga kerap dijadikan bahan dasar untuk kolak. Rasanya yang manis dan tekstur yang empuk sesuai selera ketika merebusnya akan sangat nikmat disantap bersama santan dan gula aren, nih.

Kolak Ketan Pisang

Sajian manis yang sangat cocok untuk berbuka puasa. Kolak pisang ini beda dari biasanya karena memakai bola-bola ketan hitam di dalamnya. Gunakan pisang tanduk tua agar rasanya lebih manis. Selain pisang dan ketan hitam, kolak ini bisa juga perpaduan ubi jalar dan kolang kaling menjadi enak dan lezat.

Kolak Nangka

Nangka merupakan salah satu buah yang memiliki rasa khas dan super legit. Tak hanya itu saja, aroma nangka yang wangi juga sering kali dijadikan aroma makanan seperti aroma kue atau aroma minuman. salah satunya Kolak nangka yang manis dan segar bisa menjadi makanan pelepas dahaga tenggorakan dengan menambahkan es batu.