Rekomendasi 5 Cemilan Lumpia Legendaris Khas Semarang Cocok Dijadikan Buah Tangan

Wisatakuliner.org, Semarang – Berkunjung ke suatu tempat tidak akan lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi makanan khas di tempat tersebut. Hal yang sama juga berlaku jika kamu berkunjung ke Semarang. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Semarang juga memiliki beberapa makanan khas dan lumpia adalah salah satunya.

Sebenarnya lumpia bisa kamu temukan di banyak kota di Indonesia. Tapi, lumpia Semarang selalu menjadi yang paling istimewa dan cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga ataupun kerabat dekat. Cara menyantap lumpia Semarang ini, sangat unik beda dengan lumpia di kota lain yaitu lumpia dicocol dengan saus kental dan dimakan bersama acar mentimun. Dan berikut ini 5 Cemilan rekomendasi lumpia paling legendaris kota Semarang yang wajib kamu coba!

1. Lumpia Gang Lombok

Bisa dibilang, lumpia gang Lombok adalah lumpia paling legendaris di kota Semarang. Pasalnya, lumpia satu ini sudah ada sejak tahun 1963 dan merupakan toko lumpia pertama yang ada di kota Malang.

Hebatnya lagi, meski sudah berdiri puluhan tahun namun cita rasa lumpia di toko ini masih sama seperti saat pertama kali buka. Tidak heran jika setiap harinya toko lumpia ini selalu laris, bukan hanya turis lokal tapi juga luar kota yang ingin mencicipi lumpia legendaris Semarang sekaligus membawa pulang untuk oleh-oleh.

Alamat: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137

2. Lumpia Mbak Lien

Next ada lumpia Mbak Lien yang memiliki dua cabang di kota Semarang yaitu di jalan Pemuda Semarang dan di jalan Pandanaran. Salah satu yang istimewa dari lumpia Mbak Lien adalah mereka menyediakan berbagai varian lumpia yaitu lumpia original yang berisi rebung, lumpia ayam, dan lumpia udang.

Pengunjung juga bisa memilih cara penyajiannya karena sama seperti kedai lumpia lain, di lumpia Mbak Lien ini juga menyediakan lumpia basah dan lumpia goreng. Nah biar enggak nyesel, kamu bisa pesen dua-duanya!

Alamat: Gang Grajen, Jl. Pemuda No.1, Pandansari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50138

3. Lumpia Mataram

Kalau kamu ke Semarang untuk mencicipi lumpia, kamu bisa mampir ke jalan Mataram. Bisa dibilang, jalan Mataram ini adalah gudangnya lumpia karena kamu akan menemukan barisan penjual lumpia khas Semarang yang berjejer sepanjang jalan. Tapi kalau kamu lumpia yang paling enak, kamu bisa mampir ke warung lunpia yang berlokasi di jalan Mataram 695 Semarang.

Bukan cuma ada di jalan Mataram, warung lumpia ini juga memiliki banyak cabang di beberapa kota di Jawa Timur mulai dari Solo, Jogja, Magelang, Pekalongan, bahkan Jakarta. Beda dengan lumpia Mbak Lien, di lumpia Mataram hanya menyediakan satu varian rasa yaitu lumpia udang.

Alamat: Jl. MT. Haryono No.481, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241

4. Lumpia Express

Jika kebanyakan lumpia berisi rebung, ayam atau udang, lumpia Express yang ada di jalan Gajah Mada justru menawarkan menu yang istimewa yaitu lumpia yang isinya adalah daging kepiting.

Selain menu yang berbeda dari tempat lain, suasana di lumpia Express juga jauh lebih modern dengan mengusung tema kafe. Setiap harinya, lumpia Express ini selalu dipenuhi pembeli yang menikmati lumpia langsung di warung atau membeli untuk oleh-oleh. Sedikit tips untuk kamu yang mau mencicipi lumpia kepiting, datanglah pagi-pagi agar kamu tidak kehabisan.

Alamat: Jalan Gajahmada No. 142 AA, Gabahan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135

5. Lumpia Cik Meme

Buka di tahun 2014, namun lumpia Cik Meme ini bisa dibilang merupakan lumpia legendaris, karena resep yang digunakan adalah resep keluarga yang diberikan secara turun temurun. Di sini terdapat banyak sekali varian rasa lumpia mulai dari lumpia original yang berisi rebung, crab, jamur, kajamu atau kambing jantan muda, kakap, jamur, dan plain.

Untuk kamu yang suka pedas, lumpia varian kajamu atau daging kambing jantan muda pasti cocok dengan lidah kamu. Sedangkan untuk kamu yang vegetarian, kamu bisa mencoba lumpia plain yang berisi sayuran.

Terakhir, lumpia Cik Meme juga memiliki tempat yang nyaman dan fasilitas yang lengkap mulai dari parkiran, ruang meeting, playground, bahkan sampai mushola pun disediakan.

Alamat: Jalan Gajahmada No.107, Miroto, Semarang Tengah, Miroto, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135