5 Makanan Unik Khas Pariaman yang Wajib Kamu Cobaiin

Wisatakuliner.org, Sumbar – Sumatera Barat identik dengan wisata kuliner bersantan kaya rempah yang menggoyang lidah. Tapi tahu gak sih kalau sebenarnya dalam Sumatera Barat sendiri terdapat makanan yang bercabang lho ragam dan jenisnya, termasuk di Kota Pariaman. Pariaman memiliki makanan lokal yang khas dan sangat ikonik. Menarik buat dicoba, simak yuk 5 makanan khas Pariaman berikut ini!

1. Sate Padang Khas Pariaman

Sate Padang khas Pariaman sekilas tampak seperti Sate Padang lainnya, yang berbeda adalah sate ini memiliki warna kuah yang lebih merah dan bercita rasa pedas, tekstur kuahnya juga sedikit encer karena ditambah dengan tepung beras. Jadi untuk kamu pecinta makanan pedas wajib banget mencicipi Sate Padang khas Pariaman

2. Gulai Kapalo Lauak

Pecinta makanan laut wajib merapat nih! Pasalnya kenikmatan Gulai Kapalo Lauak pasti bikin kamu nambah dan ketagihan. Masakan ini menggunakan kepala ikan besar yang dimasak dengan kuah santan.

Gurihnya santan dan rempah yang berlimpah berpadu sempurna dengan daging kepala ikan yang tebal. Kuliner ini juga bisa mudah ditemukan di sepanjang warung makan di sekitar Pariaman.

3. Nasi Sala

Nasi Sala terdiri dari nasi dengan kuah gulai atau kuah sayur santan, lalapan dan ikan goreng tepung. Nasi Sala juga sering diartikan sebagai Nasi Sek yang diberi tambahan ikan goreng tepung. Nasi Sek sendiri bentuknya mirip nasi kucing, ini sering kali dianggap sebagai nasi kucing-nya warga Minang.

Nasi Sala merupakan kuliner khas Pariaman sebab letak Pariaman yang di dekat pesisir pantai memungkinkan banyak pasokan ikan yang tersedia, sehingga diolah menjadi kuliner lokal seperti Nasi Sala ini.

4. Sala Lauak

Kalau tadi ada Nasi Sala sekarang waktunya untuk Sala Lauak. Sebenarnya kuliner ini bukan lauk atau hidangan berat seperti makanan sebelumnya tapi Sala Lauak lebih mirip cemilan yang biasa dikonsumsi warga lokal.

Sala Lauak terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan suwiran daging ikan serta rempah. Kemudian adonan dibentuk bulat-bulat kecil dan digoreng hingga bewarna kecokelatan. Sala Lauak sering dihidangkan bersama saus sambal cair sebagai pendampingnya.

5. Rakik Lauak

Bagi orang Indonesia makan kurang lengkap bila tidak dilengkapi dengan kerupuk atau sesuatu yang garing nan krispi. Nah, di Pariaman ada jenis ‘kerupuk’ tersendiri yang khas banget, namanya Rakik Lauak. Rakik Lauak bisa dibilang mirip rempeyek yang biasa kita temui di warung makan. Namun yang berbeda adalah isian dari adonan tepungnya, disini Rakik Lauak menggunakan ikan sebagai tambahannya.

Namun jenis Rakik Lauak alias rempeyek khas Pariaman ini beraneka ragam, ikan bisa diganti dengan daging kepiting atau aneka jenis ikan asin.