5 Makanan Khas Arab, Lezat dan Cocok dijadikan Menu Berbuka Puasa

WisataKuliner.org, Arab – Terkenal dengan budaya Timur Tengahnya, Negeri Minyak ini juga memiliki beberapa list makanan khas yang tentunya akan mengguncang lidah karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Ya, makanan khas Arab terkenal dengan aneka rasa rempah-rempahnya sehingga tidak heran kalau makanan Arab ini selalu jadi incaran para penggemarnya dari berbagai penjuru dunia.

Salah satu makanan Arab yang sudah tidak asing lagi adalah kebab. Selain itu, ada makanan khas Arab lainnya yang wajib untuk kamu coba terutama untuk menu berbuka puasa. Apa saja?

1. Phyllo Meat Pie (Goulash)

 

Makanan yang pertama berupa pie daging, kalau di Indonesia mungkin sejenis roti isi daging. Lembut dan gurihnya daging sapi ini dibalut dengan renyahnya roti phyllo. Tidak lupa juga ditambah keju dan beberapa sayuran seperti bayam agar rasanya semakin sempurna yang kemudian dipanggang selama 45 menit.

Digigit selagi masih hangat akan semakin mengguggah selera. Yummy!

2. Luqaimat

Nah, ini dia makanan yang paling ditunggu-tunggu setiap Ramadhan tiba. Berbentuk bulat dengan teksturnya yang renyah di bagian luar dan lembut di dalam, ditambah dengan rasanya yang manis tentu akan menjadi hidangan penutup yang sangat lezat setiap kali berbuka puasa.

Kalau di Indonesia adonannya hampir sama dengan donat ya, meski bentuk dan teksturnya berbeda.

3. Kebab

Makanan yang satu ini sudah tersebar ke berbagai negara seperti Afrika dan Indonesia. Kebab ini terbuat dari olahan daging yang dibakar atau bisa juga dengan cara dipanggang. Biasanya Kebab berisi selada, tomat, timun, dan bawang bombay. Sebagai pelengkap, bisa ditambahkan dengan saus, keju, dan mayones. Wah, soal rasa kebab ini memiliki rasa yang gurih dan tentu saja lezat sehingga cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

4. Koshari

Koshari yang juga dikenal dengan sebutan kushari, koshary, atau koshery ini merupakan makanan khas Arab sejak abad ke-19. Makanan ini berupa nasi yang dicampur dengan makaroni, lentil, beberapa potong spageti, kacang Arab, dan ditambah dengan bawang goreng serta saus tomat ataupun rasa pedas di atasnya. Bagi yang vegetarian juga bisa mencoba makan ini, karena tidak mengandung produk hewani.

Awalnya, makanan ini terbuat dari sisa-sisa makanan dan hanya populer di kalangan buruh dan pekerja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu makanan ini sudah berada di restoran khusus dan menjadi menu utamanya.

5. Baleela

Makanan yang satu ini cocok banget bagi pencinta makanan pedas, yang biasa disebut dengan Balila atau Baleela, makanan ini terdiri dari buncis rebus yang dicampur dengan garam dan bawang putih. Meskipun terlihat simple, namun rasanya tidak kalah dengan kuliner Arab lainnya yang lezat dan menggugah selera. Keunggulan lain dari Baleela ini yaitu sangat mudah ditemukan di pasar emas atau kios-kios sekitar Qabel Street.

Itu dia beberapa makanan khas Arab yang bisa kamu coba untuk menemani Ramadhanmu agar lebih nikmat. Tertarik untuk mencobanya?