6 Hidangan yang Cocok Dijadikan Makanan Pendamping Ketupat Saat Lebaran

Wisatakuliner.org – Berkumpul bersama keluarga dan kerabat saat lebaran tiba, terasa kurang lengkap tanpa adanya makanan khas lebaran. Selain berbagai kue kering yang wajib disediakan, tidak ketinggalan juga salah satu yang menjadi ciri khas hidangan lebaran adalah ketupat. Pada saat hari raya Idul Fitri, ketupat menjadi menu utama yang wajib tersedia di meja makan.

Meski tidak gampang dalam membuatnya, masyarakat masih meneruskan tradisi makan ketupat pada saat hari raya Idul Fitri sampai saat ini. Namun, hidangan pendamping ketupat juga tidak luput dari bagian makanan khas lebaran lainnya.

Setiap daerah pasti memiliki hidangan pendamping ketupatnya masing-masing. Berikut adalah hidangan khas lebaran makanan pendamping ketupat yang dapat menjadi referensi menu makanan untuk makan bersama keluarga di hari raya. Sudah coba yang mana nih?

 1. Ketupat Sayur

Bagi kamu yang penyuka sayuran, hidangan ini cocok untuk kamu masak sebagai teman makan ketupat. Kalau membuat ketupat sayur khas lebaran ini memiliki dua resep, yaitu sayur ala Betawi dan ala Jawa. Ala Betawi dibuat sedikit pedas dengan campuran daging. Kalau khas Jawa berisi sayur labu siam dengan udang. Isi boleh beda namun rasa tetap sama-sama juara. Ketupat sayur bisa menjadi salah satu referensi menu saat hari raya Idul Fitri.

2. Rendang

Jika biasanya kita menyantap rendang dengan nasi hangat dan kuah khas nasi padang. Namun, dengan hadirnya lebaran, akan ada sensai baru jika kamu menyantap rendang dengan ketupat. Apalagi ditambah sanak saudara yang jauh datang mengunjungi, akan terasa sangat berkesan.

Jika tidak ingin repot, pasar tradisional atau minimarket sudah menyediakan bumbu praktis yang dapat memudahkan kamu dalam memasak rendang.

3. Opor Ayam

Belum lebaran jika belum memakan ketupat dengan opor ayam. Kalau diibaratkan, opor ayam sudah menjadi sahabat sejati ketupat yang sulit untuk dipisahkan. Walaupun sudah terlalu mainstream, tetapi tetap saja opor ayam menjadi primadona bagi siapa saja yang ingin menyantapnya selama suasana lebaran berlangsung.

4. Gulai Kambing

Setiap kali menjelang idul fitri atau saat atau hari spesial yang lain, gulai kambing sering menjadi menu masakan yang harus selalu ada di meja makan. Dalam hal bumbu, sebagian daerah memiliki bumbu dan cara memasak yang berbeda-beda, namun tidak meninggalkan kuah santan yang khas dari makanan ini.

Tidak terpaku hanya daging kambing, kamu juga dapat memakai daging sapi, domba dan ayam sebagai gantinya. Bumbu gulai dapat kamu buat sendiri di rumah, namun jika tidak ingin repot, kamu dapat membeli bumbu yang sudah jadi di pasar atau minimarket dekat rumah.

5. Sambal Goreng Kentang

Sudah menjadi masakan andalan di setiap acara penting, tidak terkecuali lebaran, yaitu sambal goreng kentang. Cita rasa yang cukup pedas dapat menjadi daya tari bagi kamu yang menyukai rasa pedas.

Sambal goreng kentang ditambah rempela ati dan petai akan menambah rasa yang hadir di mulut kamu. Cara membuatnya juga mudah, kamu dapat membuatnya di rumah.

6. Semur

Hidangan khas lebaran yang terakhir adalah semur. Makanan yang satu ini identik dengan kuah berwarna gelap dan rasa yang gurih dan manis. Semur memiliki berbagai bahan dasar, mulai daging sapi, ayam, tahu, telur, jengkol dan bahan lainnya. Hidangan ini juga cocok jika dimakan bersama ketupat.