5 Olahan Mie Khas Nusantara yang Cita Rasanya Lezat dan Nikmat Bikin Ketagihan

Wisatakuliner.org – Indonesia dikenal dengan beragam budaya, bahasa dan objek wisata. tentu saja makanan khas nusantara juga memiliki ciri khas di setiap daerah yang terkenal. Salah satu hidangan sajian mie yang banyak disukai oleh semua kalangan.

Berikut beberapa olahan mie khas nusantara dengan citarasa yang lezatĀ  dan selalu menjadi pilihan para kuliner wisatawan asing. apa sajakah?

1. Mie Jawa

Bakmi Jawa atau mie Jawa ini merupakan bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Biasanya berkuah namun terdapat juga variasi gorengnya.

Bahan dasar utamanya adalah campuran mie dan bihun. Sedangkan ciri khasnya terdapat pada penambahan suwiran telur bebek dan daging ayam kampung.

2. Soto Mie

Mie berkuah kaldu berbumbu yang satu ini biasanya lazim ditemukan di Bogor, Jawa Barat. Namun kini sudah banyak tersebar di hampir seluruh Indonesia. Masakan khas Sunda ini juga dikenal di Singapura dan Malaysia.

Selain berbahan dasar mie dan bihun, umumnya juga memiliki isian tomat, kol, kaki sapi, urat, babat dan irisan risoles. Kemudian ditambah kecap manis serta kuah kaldu dengan taburan bawang goreng.

3. Mie Aceh

Kuliner pedas khas Aceh ini berbahan dasar mie kuning yang tebal dengan irisan daging kambing, daging sapi, atau makanan laut ( biasanya cumi dan udang). Lalu disiram sup sejenis kari yang pedas dan gurih.

Mie Aceh memiliki tiga varian yaitu mie Aceh goreng, mie Aceh kuah, dan mie Aceh tumis. Tidak lupa ditaburi bawang goreng dan disajikan dengan jeruk nipis, mentimun, potongan bawang merah, dan emping.

4. Mie Celor

Dalam bahasa Palembang kata “celor” berarti dicelup-celupkan. Hidangan khas Palembang ini disajikan dalam campuran kaldu ebi dan kuah santan. Kemudian dicampur dengan taoge serta irisan telur rebus. Sebagai pelengkap ditaburi daun bawang, bawang goreng dan irisan seledri. Ukuran mie yang digunakan pun lebih tebal seperti mie udon Jepang dan mie Aceh.

5. Mie Koclok

Mie moclok merupakan kuliner yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Mie ini memiliki cita rasa yang unik seunik dari kepanjangan namanya yaitu “Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay”. Singkatan tersebut diciptakan oleh Pak Edy pada tahun 1945, seorang pemilik warung mie koclok legendaris.

Hidangan ini terbuat dari mie basah yang disiram kuah kaldu ayam kental seperti saus krim. Lalu, dilengkapi dengan sejumlah bumbu, kol, taoge, irisan daun bawang, telur rebus, suwiran ayam, serta taburan bawang goreng.