10 Kreasi Unik Donat dengan Rasa Gurih, Sudah Pernah Coba yang Mana?

WisataKuliner.org – Donat merupakan makanan penutup yang memiliki bentuk yang bulat dengan ciri khas berupa lubang di tengahnya jadi favorit banyak orang. Sebagian besar,donat memiliki rasa yang umum, seperti cokelat, vanila, hingga rasa buah. kini, donat memiliki inovasi kekinian dengan kreasi unik dari berbagai negara.

Kalau kamu salah satu pecinta donat, harus banget cobain rasa-rasa unik lainnya. Beberapa rasa unik donat di bawah ini dijamin bakal bikin kamu cobain deh. Yuk, simak!

1. Donat Spageti

Donat ini bukan terbuat dari tepung melainkan spageti. Spageti dengan campuran saus spageti dan bahan lainnya lalu dibentuk menyerupai donat dan dipanggang. Bagi penggemar spageti, donat dengan bahan dasar spageti harus dicoba nih.

2. Donat Indomie

Donat Indomie adalah makanan yang sempat viral di kalangan anak kekinian. Perpaduan enaknya indomie, gurihnya keju dan krunchy tepung roti tergabung menjadi satu dalam donat indomie. Membuatnya juga mudah cukup membuat mie dan dibentuk seperti donat. Saat menggorengnya dicelupkan dahulu di tepung roti jadilah donat indomie.

3. Donat Sushi

Donat sushi adalah salah satu donat yang cocok untuk penggemar donat tapi ingin tetap sehat. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan membentuk nasi seperti donat lalu diberi toping sushi yang diinginkan. Seperti timun, ikan salmon, wortel, alpukat dan lain sebagainya.

4. Donat Babi dan Rumput Laut

Di Cina, ada donat yang toping yang unik yaitu daging babi kering dan potongan rumput laut kering. Daging babi tersebut dibuat seperti abon dicampur dengan rumput laut kering lalu ditabur diatas roti donat. Warga Cina lebih menyukai cemilan gurih oleh karena itu Dunkin’ Donuts Cina memberikan menu alternatif rasa gurih.

5. Donat Kimchi

Dunkin’ Donuts Korea memberikan citarasa asli korea pada varian donatnya. Kimchi menjadi salah satu alternatif rasa asli korea yang dijadikan menu pilihan Dunkin’ Donuts. Donat kimchi merupakan perpaduan antara roti donat dengan isian fermentasi kubis dan bumbu khas korea. Ada juga yang diisi dengan kimchi dan babi parut.

6. Donat Monte Cristo

Perpaduan manis dan gurih donat bercampur jadi satu dalam Donat Monte Cristo. Seperti sandwich, donatnya digunakan sebagai pengganti roti tawar. Diantaranya diisi dengan keju dan ham panggang atau ditambah dengan telor yang digoreng atau dipanggang.

7. Donat Burger

Donat burger tidak jauh beda dengan burger yang beredar di pasaran. Roti donat dibagi menjadi dua, dengan isian daging, keju dan lengkap dengan sayuran segar. Donat burger ini sangat cocok untuk sarapan atau cemilan untuk santai saat sore hari.

8. Donat Pempek

Jika berkunjung di Palembang, pempek adalah salah satu makanan wajib dimakan. Berbagai macam pempek mudah ditemukan, dari pempek kapal selam hingga pempek adaan. Namun sekarang, ada pempek unik yaitu pempek donat dengan toping berbagai rasa gurih. Ada yang sambal udang, mozarela, kecap ebi, dan sosis.

9. Donat Ikan

KFC Singapore membuat inovasi dengan bahan dasar ikan yang berbentuk donat. Ikan dibentuk seperti donat lalu digoreng hingga warna keemasan dengan taburan wijen. Dengan tambahan saus tartar, donat ikan makin mantap sebagai cemilan santai.

10. Donat Pizza

Donat unik selanjutnya adalah donat pizza. Donat dengan baluran paperoni dan saus pizza disertai keju leleh mozarela siap menemani santap santai. Selain menjadi sajian sarapan, donat pizza juga cocok untuk disajikan saat pesta sebagai alternatif pengganti pizza dengan bentuk donat.