5 Keunikan Penyajian Makanan yang Tak Biasa di Dunia, Penasaran?

WisataKuliner.org, Asia – Setiap negara tentunya memiliki cara penyajian yang berbeda-beda, dan biasanya hal ini juga berpengaruh pada makanan yang disajikan tersebut. Selain itu, cara penyajiannya juga ada yang dilihat dari kebiasaan, adat istiadat maupun etika makan dari masyarakat lokal.

Banyaknya cara penyajian yang dilakukan oleh orang-orang diluar sana, ternyata ada juga yang menyajikan makanan dengan cara yang tak biasa. Bagi yang penasaran dengan cara penyajian yang tak biasa di dunia, berikut daftarnya.

1. Banana Ketchup, Filiphina

Sebagian besar orang pasti mengira bahwa hanya terdapat 2 jenis saus saja, yaitu saus cabai yang pedas dan saus tomat yang sedikit masam. Namun, hal tersebut berbeda dari negara Filiphina karena sulitnya mendapatkan pasokan tomat disana sehingga susah didapatkan saus tomat.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka orang-orang disana berinovasi untuk mengganti saus tomat dengan saus pisang. Bahkan, hingga sampai saat ini saus yang bercita rasa manis ini sering digunakan sebagai saus pasta.

2. Sankaya, Thailand

Terdapat banyak cara dalam menikmati suatu olahan roti, sebagai contohnya bisa dinikmati secara langsung maupun menjadikannya sebagai wadah makanan dan lain sebagainya.

Namun, ada cara penyajian unik datang dari negara Thailand ini. Sebab mereka menggunakan labu utuh sebagai wadahnya dan olahan ini dibuat dengan cara mengkukus santan serta telur yang ada pada bagian dalam labu yang sebelumnya telah diberi lubang.

3. Chip Butty, Inggris

Kentang Goreng tentunya merupakan suatu cemilan asik yang banyak dipilih oleh kebanyakan orang. Rata-rata semua orang akan cendrung mengonsumsi kentang goreng dengan cara memakannya langsung.

Namun, ada penyajian yang berbeda dari negara Inggris. Masyarakat disana justru menjadikan kentang goreng sebagai isian dari roti sandwich. Bahkan uniknya lagi, mereka lebih cendrung menambahkan cuka atau mayonaise untuk menambahkan cita rasa pada olahan tersebut.

4. Tamago Gohan, Jepang

Apakah kamu pecinta olahan berbahan telur? Jika iya, maka wajib mencoba olahan khas negara Jepang yang satu ini. Bila yang biasanya kebanyakan telur diolah menjadi aneka cara dari mulai digoreng, dipanggang, diorak-arik, direbus dan lainnya, maka untuk cara yang satu ini sangat berbeda.

Jepang memiliki makanan yang menyajikan telur secara mentah diatas nasi panas, kemudian olahan ini biasanya hanya akan diberi tambahan biji ikan, wijen, dan kecap diatasnya.

5. Tavuk göğsü, Turki

Suka mengonsumsi daging ayam? Tentu banyak yang berpikir bahwa olahan daging ayam pada umumnya dimasak sebagai menu utama. Lalu, apa jadinya jika daging ayam justru disajikan sebagai makanan penutup? Hal ini tentunya akan sangat mengejutkan dan tidak bisa dibayangkan akan seperti apa rasanya.

Menu yang satu ini menggunakan bahan-bahan seperti daging ayam, tepung beras, susu kental manis dan kayu manis. Konon cita rasanya merupakan perpaduan antara puding dan daging ayam yang disatukan.