7 Kuliner Berkhasiat dari Berbagai Negara Ini Mampu Mengusir Rasa Lelah!

 

WisataKuliner.org – Seharian beraktivitas, tenaga pun pasti terkuras. Akibatnya tubuh akan kehilangan banyak energi sehingga menimbulkan rasa lelah. Sebab itulah, perlu memulihkan stamina dengan mengonsumsi makanan bergizi supaya tidak terlanjur sakit.

Nah, berikut ini ada tujuh kuliner dari berbagai negara yang diyakini dapat mengembalikan stamina tubuh. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

1. Sup kambing

Jika tidak pantangan mengonsumsi daging kambing, menikmati sup kambing saat lelah dapat memulihkan stamina pada tubuh lelah beraktivitas seharian.

Kenapa bisa begitu? Karena daging kambing kaya akan zat besi yang dapat mengembalikan energi. Hal tersebut didukung pula keberadaan kaldu kambing dan rempah-rempah yang mampu membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Agedashi tofu

Makanan ini sering dijadikan sebagai hidangan pembuka, agedashi tofu ialah tahu goreng khas Jepang yang disajikan bersama dengan saus tsuyu, daun bawang, dan serpihan bonito sebagai topping.

Meski kelihatan sederhana, siapa sangka? Agedashi tofu termasuk makanan pengusir rasa lelah karena terbuat dari tahu yang merupakan makanan probiotik untuk peningkat imun tubuh serta mendorong energi karena memiliki kandungan zat besi dan tinggi akan vitamin B.

3. Hummus

Disantap dengan pita chips atau roti, tidak mengurangi kenikmatan hummus. Kuliner yang cukup populer di Timur Tengah ini terbuat dari kacang arab giling, tahini, dan minyak zaitun.

Keberadaan kacang arab pada hummus tak lain adalah sumber karbohidrat serta serat kompleks yang baik, dan digunakan oleh tubuh dalam menstabilkan energi. Wajar jika masyarakat Timur Tengah mengonsumsinya sebagai menu sarapan juga.

4. Taro Ball

Jajanan jalan asal Taiwan ini masuk juga lho ke daftar makanan pengusir rasa lelah. Meskipun terbuat dari talas, bola-bola pada taro ball juga dibuat dari ubi jalar. Berkat kandungan serat ubi jalar dan karbohidrat kompleks, tubuh mencernanya dengan lambat sehingga memberi pasokan energi yang stabil.

5. Ajo blanco

Saat lelah, masyarakat Spanyol mengonsumsi hangatnya ajo blanco. Kuliner ini tak lain ialah sup yang terbuat dari roti, kacang almond, bawang putih, minyak zaitun, dan cuka. Sup yang identik dengan berwarna putih ini juga memulihkan energi karena almond berlimpah protein, karbohidrat, lemak sehat, serta berkalori tinggi.

6. Apple pie

Karena kaya akan kandungan gula dan serat alami, kandungan apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat sehingga membuat stamina tubuh stabil. Setelah beraktivitas, mengonsumsi buah apel dapat meringankan tubuh serta mengusir lelah.

Namun, masyarakat di Amerika Serikat lebih senang mengonsumsinya menjadi apple pie sembari menyeruput kopi.

7. Bobotie

Kuliner yang hampir serupa dengan pie ini terbuat dari roti, daging cincang, dan telur. Dua bahan utama pada bobotie yaitu telur dan daging, yang merupakan sumber protein yang baik pada tubuh karena memberi rasa kenyang lama sehingga menyediakan energi yang cukup bagi tubuh.

Bobotie dipilih oleh masyarakat Afrika Selatan sebagai makanan saat santai untuk menambah energi usai seharian menjalankan rutinitas.

Nah, itulah tadi tujuh kuliner dari berbagai negara yang dapat mengusir rasa lelah dan mengembalikan stamina pada tubuh. Masih banyak lagi kuliner yang tidak hanya menyajikan rasa lezat untuk menghibur lidah saja tapi memiliki manfaat baik bagi tubuh.