5 Masakan Khas Banjarmasin Super Lezat, Dijamin Bikin Nagih!

Wisatakuliner.org, Banjarmasin – Banjarmasin merupakan ibukota Kalimantan Selatan yang terkenal dengan kekayaan lautnya yang melimpah. Selain itu, Banjarmasin juga terkenal dengan beragam destinasi wisatanya yang menarik dan kekinian sehingga gak heran jika Banjarmasin banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah setiap harinya.

Berlibur di Banjarmasin gak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya. Nah, berikut ini rekomendasi 5 masakan khas Banjarmasin yang super lezat dan tentunya bakalan bisa bikin kamu ketagihan lho. Penasaran?

1. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan masakan khas Banjarmasin yang sangat terkenal. Soto khas Banjarmasin ini bahan utamanya menggunakan kayu manis, biji pala dan cengkeh sehingga kuahnya bening dan tidak kekuningan seperti soto yang ada di daerah lain yang umumnya menggunakan kunyit.

Nah, untuk isinya terdiri dari ketupat, suwiran ayam, soun, perkedel, dan telur rebus. Agar tampak lebih menarik dan sedap, maka bagian atasnya diberi taburan bawang goreng. Jangan lupa tambahkan juga jeruk nipis dan sambal agar rasanya makin mantap.

2. Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan seperti ketupat pada umumnya, menggunakan bahan utama dari beras. Ketupat kandangan isinya terdiri dari ketupat, satu potong ikan gabus asap, dan telur. Nah, untuk kuahnya menggunakan santan kental yang gurih.

3. Nasi Kuning Banjar

Nasi kuning banjar ini memiliki perbedaan dengan nasi kuning yang ada di daerah lainnya. Jika nasi kuning di daerah lain rata-rata banyak pilihan lauknya, maka berbeda dengan lauk yang ada pada nasi kuning khas Banjarmasin ini. Nasi kuning banjar ini lauknya hanya satu macam saja yaitu antara ayam, ikan, atau itik yang dimasak dengan bumbu habang (merah). Tak lupa juga disertakan serundeng untuk menambah kelezatannya.

Selain itu, nasi kuning banjar juga menggunakan beras pera, tidak seperti nasi kuning di daerah lain yang umumnya menggunakan beras pulen. Saat memasak nasinya pun juga dengan menggunakan daun pandan agar aroma nasi lebih harum.

4. Gangan Humbut

Gangan humbut merupakan salah satu kuliner legendaris dari Banjarmasin yang banyak disukai wisatawan maupun penduduk lokal. Bahkan kuliner berupa sayuran tradisional khas Banjarmasin ini juga sering disajikan untuk acara hajatan karena rasanya yang sangat lezat dan unik.

Gangan humbut terdiri dari sayur rebung dan potongan iga sapi yang dimasak dengan santan, kacang panjang, labu, dan bumbu lainnya. Untuk rasanya sangat cocok, gak terlalu asin namun manis dan gurih.

5. Nasi Itik Gambut

Nasi itik gambut juga gak kalah nikmatnya dari kuliner di atas. Bahkan, nasi itik gambut ini merupakan salah satu kuliner yang paling hits di Banjarmasin.

Sesuai dengan namanya, makanan ini lauknya berupa itik yang dimasak mirip dengan rendang dan balado yang kemudian disajikan dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun pisang.