Serba Sagu, 8 Kudapan Manis Khas Maluku yang Lezatnya Nampol di Lidah

Wisatakuliner.org, Maluku – Seperti yang kita tahu, Maluku merupakan sebuah provinsi di bagian timur Indonesia. Tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, di Maluku kamu juga bisa menikmati aneka kuliner yang menggugah selera. Karena letaknya yang berdekatan dengan laut, gak heran jika makanan yang ada di sana didominasi dengan cita rasa serba ikan atau seafood.

Namun meski begitu, nyatanya Maluku tak hanya memiliki olahan hasil laut saja, lho. kamu bisa mencoba santapan seperti papeda, nasi lapola, atau ikan kuah pala Banda, jangan sampai tidak mencicipi juga kudapan manis khas Maluku yang lezatnya sampai gigitan terakhir.

Sama halnya dengan di daerah lain di Indonesia, Berikut 8 kudapan manis dari olahan serba sagu yang biasa disantap untuk sarapan atau teman minum teh dan kopi di sore hari yang bikin ketagihan selalu di antaranya berikut ini.

1. Sagu Gula

Nikmat jika dipasangkan dengan secangkir kopi hangat, kudapan satu ini biasanya jadi camilan masyarakat Maluku ketika sedang santai di rumah.

Sagu gula terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kelapa setengah tua. Ketika sagu gula matang, dikucurkan gula saparua yang cair di atasnya.

2. Sagu Tumbu

Sekilas mirip dodol, sagu tumbu yang disebut pula oleh masyarakat sekitar dengan nama paumauido ini, kudapan sekaligus buah tangan khas Maluku yang terbuat dari tepung sagu, gula merah, dan kacang kenari.

Semua bahan ditumbuk menjadi satu hingga rata dan terlihat berwarna cokelat. Setelah adonan jadi, diambil dan dibentuk panjang, kemudian digulung menggunakan plastik atau kertas minyak. Sagu tumbu enak banget, lho dinikmati bersama secangkir teh hangat manis.

3. Sanole

Memiliki tekstur kenyal, sanole atau biasa disebut karu-karu oleh masyarakat Maluku ini memiliki bentuk seperti dadar gulung. Kulit sanole terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut, kacang kenari, dan pala bubuk, yang kemudian didadar dalam wajan kurang lebih tiga menit lamanya.

Setelah kulit sanole matang, dilumuri oleh gula merah atau gula pasir sebagai perasa, lalu digulung. Kudapan ini mantap sekali dinikmati selagi masih hangat.

4. Kue Asida

Di Ambon, Maluku kue asida biasa ditemui saat bulan Ramadan. Konon, kue ini merupakan kudapan yang berasal dari Arab, namun di Ambon sendiri sudah sangat terkenal dan banyak digemari. Kue asida juga biasa disebut dodol Ambon. Cemilan manis ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula merah.

Uniknya, saat penyajian di tengah-tengah kue ditambahkan lelehan mentega. Jadi dalam satu suap, kamu akan mencicipi perpaduan rasa manis dan gurih sekaligus.

5. Bubur Ne

Satu lagi nih, kuliner khas Maluku yang jadi primadona Namanya adalah bubur ne. Sekilas, bubur ne terlihat seperti kolak yang biasa kita temui di daerah-daerah di pulau Jawa. Perbedaannya tentu saja pada isiannya.

Jika kolak di Jawa menggunakan pisang atau ubi, bubur ne dari Maluku menggunakan sagu yang berbentuk bulatan kecil seperti mutiara yang berwarna-warni. Sementara kuahnya terbuat dari campuran santan, gula merah, kayu manis, dan daun pandan. Bubur ne lebih enak disantap dengan menambahkan es batu biar makin segar.

6. Kue Bagea

Kudapan satu ini, nagih! Gak cukup jika disantap hanya sekali. Kue bagea salah satu kue kering khas Maluku yang namanya cukup terkenal. Selain tepung sagu yang menjadi bahan utamanya.

Kue bagea mendapatkan rasa uniknya dari kacang tanah, kacang kenari, dan kayu manis. Saat perayaan hari raya, kue bagea dipilih sebagai kudapan untuk menjamu para tamu.

7. Gogos

Mirip dengan lemper, perbedaan terletak pada isinya. Jika lemper umumnya menggunakan daging ayam, gogos menggunakan ikan dan dipanggang. Untuk bahan pembuatannya hampir serupa dengan lemper. Rasanya sama nikmatnya dengan lemper, apalagi jika dimakan ketika masih hangat sembari menyeruput teh hangat.

Didominasi oleh kudapan yang terbuat dari sagu. Nyatanya sagu memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh lho seperti menambah energi, melancarkan pencernaan, hingga mencegah darah tinggi.

8. Pisang Asar

Selain olahan sagu yang nikmat, Maluku memiliki kudapan lain yang nikmatnya sampai gigitan terakhir yaitu pisang asar. Bukan digoreng! Pisang asar dipanggang dengan menggunakan oven.

Sebelum dipanggang, pisang di lumuri adonan kacang tanah yang telah disangrai dan dicampur dengan gula, garam, dan susu kental manis. Jangan tanya soal rasa! Pisang asar gak kalah enak dari pisang kekinian.