10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Madiun yang Wajib Dibawa Pulang

Wisatakuliner.org, Madiun – kalau sedang singgah atau liburan ke Kota Madiun,jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya yang enak dan bikin ketagihan. Selain enak, varian oleh-oleh khas Madiun juga terkenal sangat terjangkau. Contohnya seperti deretan oleh-oleh yang di rekomendasi wajib bawa pulang buat keluarga dan kerabat dekat berikut ini:

1. Brem

Brem merupakan salah satu kuliner khas Madiun yang patut kamu coba. Brem terbuat dari sari ketan yang difermentasi. Jajanan yang berbentuk kotak persegi panjang ini punya rasa yang unik, yakni manis asam dan mengeluarkan sensasi dingin di mulut.

2. Bluder Cokro

Roti Bluder cokro khas Madiun merupakan roti legendaris sudah ada sejak 1889. Roti ini sudah ada sejak era kolonial Belanda. Dengan rasa yang khas dengan tekstur yang sangat lembut. Saat ini, kamu bisa menemukan roti bluder dengan berbagai varian rasa, seperti kismis, keju, kacang, atau abon.

3. Semprong

Jajanan yang satu ini pasti gak begitu asing, apalagi saat Lebaran. Semprong terbuat dari campuran tepung tapioka, kelapa, gula, dan air. Teksturnya sangat renyah dengan rasa yang manis.

4. Sambel Pecel

Madiun memang “surganya” sambal pecel. Kamu bisa menemukan banyak jenis sambal pecel dengan rasa yang gurih dan legit.

Enaknya lagi, kemasan yang dijual juga sangat praktis, yakni dalam bentuk padat. Kamu tinggal menyeduh dengan air hangat jika ingin menikmatinya.

5. Lento

Lento merupakan kuliner yang terbuat dari parutan singkong dicampur tempe. Lento punya citarasa yang pedas, karena dicampur cabai rawit. Teksturnya renyah di luar dan empuk di dalam, biasanya disantap dengan pecel.

6. Lempeng Puli

Lempeng puli atau kerupuk puli terbuat dari beras. Rasanya gurih. Kamu bisa menemukan lempeng puli yang sudah digoreng atau masih dalam keadaan mentah, praktis untuk oleh-oleh.

7. Kue Manco

Manco merupakan kue tradisional khas Madiun yang terbuat dari tepung ketan. Manco punya mitos yang cukup unik. Konon, kue ini gak bisa dibuat di daerah lain selain di tempat asalnya, Desa Tambak Mas.

kue manco sebelumnya akan dijemur tapi tidak sampai kering kemudian diangkat dan dipotong sesuai selera. Kue manco setelah digoreng bentuknya akan mengembung. Setelah dilumuri cairan gula jawa baru diberi topping, bisa wijen, kacang, dan lainnya.

8. Mimosa Lemon

Mimosa lemon merupakan minuman legendaris yang sudah ada sejak zaman dulu. minuman tersebut sejenis sirup dengan rasa yang menyegarkan dan aroma yang khas.

9. Madumongso

Satu lagi oleh-oleh khas Madiun yang punya citarasa manis, madumongso namanya. Terbuat dari ketan hitam yang diolah jadi tape, lalu dimasak bersama campuran gula dan santan. Madumongso biasanya dikemas cantik dengan bungkus kertas minyak warna-warni.

10. Kue Satu

Kue satu khas Madiun ini terbuat dari kacang hijau dan gula pasir. Kue ini mulai terkenal langka lantaran semakin sedikit orang yang memproduksinya. Salah satu tempat produksi kue satu yang terkenal di Madiun ada di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu.