5 Makanan Khas Tana Toraja Yang Wajib Dalam Daftar Kuliner, Lezatnya Menggugah Selera

Wisatakuliner.org, Tana Toraja – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki suku dan budaya yang bermacam-macam.Setiap daerah atau suku memiliki ciri dan keunikannya masing-masing. Mulai dari rumah adat, pakaian adat, tradisi, bahkan sampai kuliner. Salah satu suku yang ada di Indonesia adalah suku Toraja yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Suku ini memiliki ritual adat yang masih kental.

Salah satu ritual yang paling dikenal dari suku Toraja adalah Rambu Solo. Ritual ini merupakan upacara adat untuk pemakaman bagi suku Toraja. Keunikan lainnya ada pada rumah adat yang bernama tongkonan. Ciri khasnya adalah bentuk atap rumahnya seperti kapal.

Tidak hanya ritual dan rumah adatnya saja, ternyata suku di Tana Toraja ini juga memiliki makanan khas yang unik, tidak kalah lezat dan mempunyai cita rasa tinggi, mampu menjadikan makanan khas Toraja yang digemari. Berikut 5 makanan Khas Toraja yang wajib ada dalam daftar kulinermu. Apa saja, ya? Cari tahu, yuk!

1. Deppa Tori’

Makanan ini biasanya dijadikan sebagai cemilan yang terbuat dari tepung, gula merah, dan ditaburi wijen.Bagi masyarakat Toraja, makanan ini dijadikan teman bersantai di sore hari. Deppa Tori’ juga dihidangkan dalam acara adat, biasanya dijadikan makanan pembuka untuk para tamu.

2. Pa’piong

Makanan ini termasuk makanan Bangsawan khas Toraja yang terkenal dan selalu dicari oleh masyarakat Toraja jika menghadiri acara-acara besar. Selain itu, makanan ini menjadi kebanggaan masyarakat Toraja, lo!

makanan ini terbuat dari beras yang dicampur dengan rempah-rempah dan ayam yang disajikan dengan bambu dan langsung dimasak menggunakan bambu dan biasanya disajikan bersama dengan sayur bulunangko atau pohon pisang yang masih muda.

3. Dangkot ( Daging Kotte)

Dangkot ini terbuat dari daging bebek yang dimasak dan dibumbui. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas. Selain itu, makanan ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, lho!

Bumbu-bumbu yang biasanya di gunakan, seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan merica, lengkuas, sereh dan berbagai bumbu lainnya yang dapat memperkuat cita rasa.

4. Kapurung

Makanan berkuah ini berbahan dasar sagu yang disiram air panas dan dibentuk kecil-kecil seukuran bakso.

Lalu, ditambah dengan berbagai macam sayuran dan potongan ikan, udang, atau yang lainnya sehingga menghasilkan sajian masakan yang nikmat dan menggugah selera.

5. Pantollo’ Lendong

Pantollo’ lendong adalah salah satu makanan berat yang disukai masyarakat Toraja. Makanan ini berisi belut yang dimasak dengan bumbu hitam dan rempah-rempah lainnya.

Selain belut, ikan dan babi juga bisa menjadi bahan untuk dimasak. Menu makanan ini biasanya juga merupakan salah satu santapan yang ada diacara adat di Toraja kerap juga dhidangkan bersama makanan Pantollo’ ini.