Olahan Cake Tradisional yang Bervariasi Patut Untuk Dicoba!

WisataKuliner.org, Nusantara – Di kalangan millennials saat ini sedang maraknya olahan cake yang berasal dari modifikasi antara makanan dan minuman tradisional, dari olahan tersebut tentunya menjadikan makanan tradisional lebih tampak berkelas.

Penasaran dengan olahan cakenya?

  • Klepon Cake

Jika klepon biasanya berbentuk bulat kenyal dengan isian gula merah di dalamnya, kini klepon telah hadir dengan modifikasi berbentuk olahan cake.

Klepon Cake dibuat dari susunan cake pandan dengan 3 layer serta olesan buttercream dan isian unti kelapa yang telah dicampur dengan gula merah. Bagian luar klepon cake dibaluri dengan dessicated coconut untuk menyelimuti klepon cake seperti klepon pada umumnya.

Kemudian, sentuhan akhirnya adalah membuat garnish dengan menambahkan potongan daun pandan dan klepon sebagai topping di atasnya.

  • Kolak Cake

Kolak cake merupakan modifikasi dari minuman kolak menjadi cake yang manis dan lembut. Kolak Cake dipopulerkan oleh Chef Karen Carlotta dan menjadi trend dalam dunia cake and bakery.

Kolak Cake dibuat dengan 3 layer yaitu lapisan cake pisang, kemudian cake pandan, dan cake kelapa dengan olesan buttercream pada setiap layernya. Bagian luar cake diolesi dengan buttercream dan scrumble biskuit kelapa untuk mempercantik tampilan kolak cake.

  • Es Teler Cake

Jika biasanya es teler disajikan dalam bentuk cup dengan serutan es yang melimpah, saat ini hadir olahan Es Teler Cake yang praktis untuk disantap.

Es Teler Cake merupakan kombinasi dari cake pandan yang diisi dengan buttercream dan vla alpukat di dalamnya. Kemudian bagian luarnya dilapisi oleh buttercream serta ditaburi oleh kelapa muda, potongan nangka, dan alpukat yang melimpah di atasnya.

Olahan cake ini tentunya sangat cocok untuk menjadikan variasi pilihan kue ulang tahunmu!

  • Cendol Cake

Es cendol yang kamu kenal adalah salah satu minuman khas dari Banjarnegara. Namun bagaimanakah jika cendol dibuat dalam varian cake?

Pembuatan Cendol Cake ini diawali dengan menyusun lapisan cake vanilla dan cake pandan menjadi 2 layer, kemudian bagian tengahnya diolesi dengan vla pandan.

Setelah layer Cendol Cake sudah terbentuk, pada bagian atasnya ditambahkan vla kelapa dan dihias dengan topping cendol serta potongan nangka untuk mempercantik tampilan Cendol Cake.

Varian cake di atas sungguh menggoda selera ya! Mana nih yang sudah pernah kamu coba?