5 Olahan Khas Korea yang Mirip dengan Olahan Jepang!

WisataKuliner.org, Asia – Setiap negara pasti memiliki keunikan kulinernya tersendiri dengan aneka bahan dan cita rasa. Salah satu yang unik adalah kreasi olahan dari negara Jepang dan Korea. Keduanya merupakan negara yang sama-sama terletak di Asia Timur dengan berbagai kuliner yang dimilikinya. Tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa jenis olahan khas Korea dan Jepang yang memiliki tampilan yang serupa?

Jika penasaran apa saja olahan Korea yang mirip dengan olahan Jepang, berikut lima daftarnya.

1. Sushi dan Kimbab

Kedua makanan olahan antara Kimbap dan Sushi merupakan jenis makanan yang berbeda asalnya satu sama lain. Namun, kedua olahan tersebut memiliki tampilan yang mirip antara satu dan lainnya. Sushi yang berasal dari Jepang ini jelas berbeda dengan Kimbab.

Sushi pada umumnya memiliki isian yang lebih beragam dengan tambahan ikan mentah yang segar. Sementara Kimbab lebih umum memiliki isian sayuran dan telur.

2. Ramen dan Ramyeon

Sama halnya dengan olahan praktis yang menggugah selera, ramen dan ramyeon juga dapat menjadi menu populer dari dua negara yang berbeda yaitu negara Jepang dan Korea. Ramen dari Jepang sementara Ramyeon dari Korea memiliki keunikan rasa tersendiri. Selain itu, cara menikmati menu dari tiap negara juga tentunya berbeda satu sama lain.

3. Taiyaki dan Bungeoppang

Camilan yang satu ini banyak tersedia di beberapa kedai makanan seperti street food contohnya. Olahan ini sebenarnya merupakan kue manis yang dicetak dengan menggunakan cetakan berbentuk ikan. Selain itu, biasanya isian yang digunakan adalah pasta kacang merah.

4. Okonomiyaki dan Pajeon

Kedua olahan asal negara berbeda ini juga termasuk ke dalam street food populer di sana. Okonomiyaki yang berasal dari Jepang dan Pajeon yang berasal dari Korea Selatan juga memiliki cita rasa tersendiri. Meski secara sekilas mirip, namun jelas kedua olahan ini berbeda satu sama lain.

5. Gyoza dan Mandu

Kedua jenis olahan ini merupakan menu pangsit lembut yang dijajakan di sana. Biasanya memiliki isian yang beragam, kedua jenis olahan ini memiliki cita rasanya tersendiri dari setiap negara. Meski sekilas tampak serupa, namun sudah jelas bahwa kedua olahan ini memiliki perbedaannya masing-masing.