5 Kuliner Olahan Pisang di Mancanegara

Wisatakuliner.org- Piscok alias pisang cokelat adalah salah satu kuliner berbahan pisang dari dalam negeri yang banyak disukai karena selain kulitnya yang renyah ketika digigit, lumernya cokelat yang bersatu dengan potongan pisang bikin orang ketagihan ketika menikmatinya.

Jika piscok dari Indonesia, berikut ini ada lima kuliner khas mancanegara berbahan pisang yang lezatnya bergejolak di lidah :

1. Banana Foster

Saat suasana hati sedang buruk, banana foster bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengubah mood menjadi baik! Kuliner ini menggabungkan pisang, saus brown sugar dan es krim vanila.

Pisang dibelah menjadi dua bagian, kemudian digoreng ke dalam saus hingga matang. Setelahnya, lengkapi dengan satu scoop es krim vanila. Si manis banana foster merupakan kuliner berbahan pisang yang berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

2. Banh Chuoi

Banh chuoi semacam roti goreng berasal dari Vietnam terbuat dari pisang yang telah dihaluskan dan dikombinasikan dengan bahan lain terdiri dari tepung terigu, tepung beras dan gula. Tak sedikit adonan diberi tambahan santan agar gurih.

3. Cayeye

Kolombia adalah negara asal cayeye. Makanan ini terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dimasak bersama bumbu dan tomat yang dipotong dadu. Cayeye dapat dilengkapi juga dengan telur mata sapi atau keju parut supaya makin nampol saat disantap.

4. Banoffee Pie

Pie berbahan dasar pisang ini merupakan kudapan yang sering dinikmati ketika afternoon tea oleh masyarakat yang bermukim di Britania Raya. Cara membuatnya sama seperti pada umumnya kue pie.

Banoffee pie dilengkapi oleh manisnya karamel dan krim. Untuk topping, banoffee pie bisa diberi bubuk kokoa atau serutan cokelat batang.

5. Saba Con Hielo

Kuliner berbahan pisang yang satu ini cara membuatnya hampir serupa dengan banana foster tapi memiliki penampilan akhir layaknya kolak pisang. Saba con hielo berasal dari Filipina.

Pisang yang telah dibagi menjadi tiga irisan, digoreng bersama karamel gula merah. Ketika sudah matang, pisang diguyur dengan susu segar dan diberi sagu mutiara.