Ci Cong Fan Cemilan Khas Medan Yang Mengenyangkan dan Murah!

Wisata Kuliner – Kalau kamu berkunjung ke Medan, liburanmu belum lengkap kalau belum mencicipi jajanan setempat, Ci Cong Fan. Medan dikenal memiliki deretan makanan yang memiliki citarasa gabungan Tionghoa dan Melayu, salah satunya ya Ci Cong Fan ini. Penasaran? Seperti apa sih rasanya jajanan kaki lima yang satu ini?

Ci Cong Fan merupakan camilan khas Medan yang terbuat dari tepung beras dan tang mien (tepung pati gandum). Bentuknya lembaran dan kalau dilihat sekilas, Ci Cong Fan memiliki tekstur lembut mirip tekstur kwetiau tapi lebih tipis dan lebih lebar.

Makanan ini biasanya disajikan dengan cara dipotong-potong kemudian disiram dengan kecap asin, saus asam manis pedas atau kaldu daging dengan racikan bumbu rempah. Agar rasanya lebih sempurna, tak ketinggalan ditambahkan taburan bawang goreng dan wijen yang berlimpah.

Ci Cong Fan sering juga disajikan dengan gorengan uyen, siomay, lumpia isi sayur dan chai thau kwe. Uyen terbuat dari talas goreng berbentuk seperti bola dengan tekstur sedikit keras dan garing. Sedangkan chai thau kwe adalah kue lobak goreng berbentuk persegi berwarna kecokelatan dengan bagian dalam berwarna putih.

Karena termasuk jajanan street food khas Medan, makanan ini jarang sekali dijual di restoran. Kamu bisa menjumpai Ci Cong Fan di pusat jajanan kaki lima atau di gerai pinggir jalan daerah Selat Panjang tepatnya di Kedai Apui. Sering juga dijual oleh penjual yang mengendarai sepeda atau sepeda motor di dekat sekolah-sekolah atau di gereja-gereja.

Harga Ci Cong Fan bervariasi tergantung dengan pelengkap yang kamu inginkan. Untuk satu porsi Ci Cong Fan lengkap dengan lumpia, chai thau kwe, uyen dan siomay bisa diperoleh cukup dengan membayar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja. Penjual Ci Cong Fan di kaki lima biasanya baik dan gak pelit, jadi kalau mau tambah wijen atau bawang goreng juga boleh, malah dikasih banyak. Udah kenyang murah lagi. Wajib dicoba!