5 Wisata Kuliner Sarapan Terenak di Surabaya

Wisatakuliner.orgSarapan menjadi salah satu aktivitas penting yang wajib dilakukan di pagi hari. Dengan begitu, anda akan mempunyai simpanan energi lebih banyak untuk menjalani aktivitas selama satu hari. Untuk sarapan tidak harus memasakan sendiri di rumah, anda juga bisa beli diluar sambil mencoba kuliner-kuliner daerah anda untuk lebih menghemat waktu.

Jika anda berada atau sedang berlibur di Surabaya dan sekitarnya, anda bisa menemukan berbagai kuliner sarapan pagi yang enak untuk anda nikmati. Mulai dari nasi pecel hingga bubur ayam. semuanya ada. Untuk membantu anda agar tidak kebingungan untuk memilih kuliner di kota Pahlawan ini, berikut kami rangkum 5 tempat sarapan enak di Surabaya :

1. Bubur Ayam Spensix

Masyarakat Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan bubur ayam yang melegenda ini. Disebut dengan bubur Spensix karena lokasinya yang dekat dengan SMP Negeri 6 Surabaya, mempunyai rasa khas tersendiri membuat bubur ayam ini tidak pernah sepi pelangan. Walau sudah dibuka mulai jam 6 pagi, namun sangat sering para pecinta kuliner yang datang kehabisan.

Komposisi bubur ayam spensix ini juga sama dengan bubur ayam yang lainnya, yakni terdiri dari ayam suwir, cakwe, irisan daun seledri, bawang goreng dan kacang kedelai. Namun anda juga bisa meminta untuk menambahkan ati ampela. Dengan tambahan tersebut anda bisa lebih menikmati rasa khas bubur spensix ini.

Alamat : Jalan Raya Gubeng Nomor 66, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

Jam Operasional : Buka setiap hari pukul 06.00-Habis

Estimasi Harga : 13.000 sampai 20.000

2. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Untuk anda yang melewati jalanan di sekitar ARH saat pagi hari, anda bisa mencoba untuk singgah sebentar untuk menikmati soto ini. Apalagi soto lamongan sudah sangat populer khususnya di kalangan wisatawan. Rasanya anda ada yang kurang jika anda belum menikmati soto lamongan cak har ini.

Dalam satu mangkuk soto, anda akan dimanjakan dengan irisan ayam yang banyak dan juga tebal. Selain itu kuah soto kuning yang ditambah koya akan memanjakan perut dan juga lidah anda.

Alamat : Jalan Arief Rahman Hakim Nomor 136, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Jam Operasional : Buka setiap hari pukul 06.00-22.00

Estimasi Harga : 20.000 sampai 50.000

3. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap mungkin bisa menjadi menu pilihan lainnya jika anda tidak ingin makan nasi. Lontong balap satu ini sudah ada sejak tahun 1960-an yang membuat kuliner satu ini tidak pernah sepi peminat. Karena resep yang diberikan secara turun temurun membuat cita rasa tersendiri untuk lontong balap ini.

Walaupun hanya lontong, anda dijamin bisa kenyang. Dalam seporsi lontong balap ini ada irisan lontong yang diperpadu dengan tahu, lentho, kecambah dan taburan goreng. Tambahan kaldu sapi yang diberikan akan memberikan rasa nikmat tersendiri apalagi di tambah sambal akan makin sedap.

Alamat : Jalan Kranggan Nomor 60, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

Jam Operasional : Buka setiap hari pukul 09-00-21.00

Estimasi Harga : 20.000 sampai 30.000

4. Nasi Pecel Bambu Runcing

Terletak di tengah kota Surabaya, nasi pecel ini sangat sederahana, tapi rasanya tidak usah ditanyakan lagi. Dari namanya saja sudah menunjukkan jika nasi pecel ini berada di sekitaran Monuman Bambu Runcing. Disini anda bisa memilih sendiri lauk yang anda inginkan.

Komposisi dari nasi pecel bambu runcing ini sama dengan nasi pecel yang ada pada umumnya yakni terdiri dari kecambah dan bayam. Kemudian anda bisa memilih lauk sesuai dengan selera anda, mulai dari ayam goreng,ati ampela, babat goreng, usus, telur dadar, telur mata sapi dan masih banyak lainnya. Pemandangan kota di pagi hari yang sejuk akan menemani anda sambil menyantap hidangan ini.

Alamat : Jalan Embong Ploso Nomor 1, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Jam Operasional : Senin – Sabtu pukul 06.00-10.00

Estimasi Harga : 10.000 sampai 20.000

5. Nasi Madura Jembatan Suramadu

Jika anda belum pernah mencoba sarapan dengan nasi madura, anda harus mencobanya terlebih dahulu. Kuliner satu ini mungkin bisa menjadi tujuan anda jika ingin mencoba kenikmatannya. Nasi madura terkenal dengan beraneka macam lauk mulai dari cumi, paru sapi, ikan tongkol, empal daging dan juga babat.

Taburan serundeng akan membuat nasi madura ini menjadi terasa lebih nikmat. Nasi madura jembatan suramadu ini selalu menyajikan makananya dengan nasi hangat, hal ini menambahkan aroma yang mengocok perut anda. Jika anda ingin singgah untuk menikmati kuliner ini disarankan untuk tidak datang terlalu siang agar lauknya masih lengkap.

Alamat : Jalan Demak Nomor 304, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

Jam Operasional : Buka setiap hari pukul 06-00-17.00

Estimasi Harga : 15.000 sampai 25.000

Apakah anda sudah menentukan kuliner yang anda ingin nikmati pada saat berkunjung ke kota Surabaya ? Dijamin anda tidak akan kecewa dengan menu sarapan pagi yang dihidangkan dan pastinya anda akan dimanjakan dengan rasa khasnya masing-masing.