Beberapa Kuliner Sedap Wajib di Coba Saat Berlibur ke Pantai Pangandaran

Wisata Kuliner – Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer, keindahan pantai dan tempat rekreasi yang menjadikan tempat ini sebagi tujuan dari wisatawan.

Wisatawan yang datang pun bukan dari luar daerah saja, melainkan para bule luar negeri banyak berkunjung dan menjadikan pantai Pangandaran sebagai tempat wisata. Sambil menikmati keindahan Pantai Selatan, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi aneka kulinernya. Seperti kota pesisir lainnya, Pangandaran memang terkenal dengan hidangan serba seafood-nya yang gurih. Ingin tahu lebih banyak? Berikut beberapa tempat makan enak yang bisa disambangi saat melancong ke Pangandaran.

> Rumah Makan Karya Bahari

Rumah Makan Karya Bahari merupakan salah satu restoran spesial seafood yang paling lengkap dan ramai di Pangandaran. Restoran ini telah ada sejak 1980 lalu, restoran ini juga menyediakan olahan seafood yang bisa disajikan dengan beberapa saus spesial seperti saus tiram, asam manis, saus mentega, tauco, hingga asam pedas. Semua hidangan di restoran ini tergolong murah hanya merogoh kocek mulai Rp 15 ribu hingga Rp 250 ribuan per porsinya.
Alamat: Komplek Pasar Ikan Pantai Timur Pangandaran, Pantai Timur Blok POLAIR Pangandaran, Jawa Barat.

> Pasar Ikan Pangandaran

Meski pun namanya pasar ikan, namun sebenarnya kawasan ini lebih mirip dengan deretan warung yang menjual beragam olahan seafood segar. Menariknya, pembeli dapat membeli seafood favoritnya secara kiloan dengan harga yang tentu lebih murah. Salah satunya menu khas Pangandaran yaitu kepiting goreng tepung yang bertekstur renyah, menggunakan kepiting berukuran kecil, cangkang kepiting dan gurih juga bisa ikut disantap saking renyahnya. Agar lebih lezat, aneka menu seafood disini disajikan bersama saus pelengkap mulai dari asam manis, saus tiram, dan saus pedas.
Alamat: Jalan Pantai Timur, Pangandaran, Jawa Barat.

> Sate Galunggung Pangandaran

Pangandaran tidak hanya identik dengan hidangan laut saja. Kota pesisir ini juga memiliki satu restoran legendaris yang menyediakan sate berlumur saus kacang. Salah satunya yaitu makanan melegenda adalah Warung Sate Galunggung yang telah ada sejak 1970. Sebenarnya sate galunggung ini tidak jauh berbeda dari sate pada umumnya, namun terbuat dari daging ayam atau kambing yang dibakar lalu disajikan dengan bumbu kacang legit. Perbedaannya terletak di potongan dagingnya terlihat lebih besar dan berbumbu pekat. Selain sate yang menjadi primadona, tempat makan ini juga menyediakan berbagai menu lain seperti sop kambing, sop buntut, hingga sop kaki sapi nan gurih.
Alamat: Jalan Kidang Pananjung, Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat.

> Sari Laut Rasa Sayang

Berada tidak jauh dengan tempat pelelangan ikan, aneka olahan seafood di rumah makan Sari Laut Rasa Sayang terkenal dengan rasanya yang segar lho. Ditambah lagi dengan sentuhan bumbu khas Thailand hingga chinese food. Rasa gurihnya menu seafood ini sukses membuat banyak pelanggan puas dengan cita rasanya. Sama dengan restoran seafood pada umumnya, setelah memilih seafood langsung di kolam-kolam kecil, pengunjung juga bisa menentukan saus pelengkap favoritnya. Ada saus tiram, saus asam manis, saus padang, hingga saus telur asin yang siap menggoyang lidah kamu.
Alamat: Jalan Kidang Pananjung No. 236, Banjar, Pangandaran, Jawa Barat