Nikmatnya Tengkleng Kepala Kambing Mbah Diah di Solo

Wisatakuliner.org, Solo- Kuliner tengkleng khas Solo memang memiliki sensasi nikmat tersendiri saat menyantapnya, apalagi tengkleng kepala kambing. Salah wisata kuliner khas Solo dengan menu spesial tengkleng kepala kambing ialah Tengkleng Mbak Diah.

Tengkleng di warung milik Mbak Diah ini disajikan dengan bumbu kuning yang cair. Tidak usah merasa jijik, sebab di warung tersebut, kepala kambing betul dibersihkan hingga tidak ada bulu yang tersisa. Tidak hanya menyediakan kepala kambing namun warung ini juga menyediakan menu seperti warung-warung kuliner kambing yang lainnya. Bahkan Mbak Diah juga menyediakan menu rica-rica ayam dan enthog.

Mbak Diah merintis usaha kulinernya ini sejak 27 tahun yang lalu, hanya berbekal pengalaman dari orangtua dan eyangnya. Berawal dari warung kaki lima hingga saat ini berhasill mengembangkan hingga membuka banyak cabang. Banyak tokoh-tokoh terkenal yang pernah berkunjung untuk menikmati kuliner khas Solo ini. Bahkan ada juga yang langanan dengan tekleng Mbak Diah, mulai dari mendiang ibunda Presiden Joko Widodo (Sujiatmi Notomiharjo), Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo), Walikota Solo (FX Hadi Rudyatmo), Bupati Sukoharjo (Wardoyo Wijaya) dan almarhum Didi Kempot.

Dalam situasi pandemi virus corona seperti sekarang ini, ia menceritakan kondisi warungnya yang jauh lebih sepi pelangan. Sebelum pandemi tengkleng Mbak Diah bisa menghabiskan 15 sampai 40 ekor kambing perhari, namun pada saat pandemi ua hanya menghabiskan 3 skor kambing saja.

Tengkleng sendiri merupakan hidangan khas Solo yang bukan menggunakan daging kambing namun tulang kambing. Sensai makan daging yang menempel di sekitar tulang kambing menjadi kenikmatan tersendiri ketika anda makan tengkleng ini. Bagian tulang yang pilih biasanya iga, kaki, mata, pipi dan juga tambahan jeroan. Secaras sekilas kuah tengkleng mirip dengan gule dengan pemakain bumbu halus bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, ketumbar, lengkuas, dan jahe.

Alamat : Tanjung Anom, Kwarasan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo

Jam Operasional : Buka setiap hari pukul 10.00 sampai 21.00

Estimasi Harga : 35.000-1.300.000